Foto Di Ponsel Terhapus? Ini Cara Kembalikannya

Tandaseru – Menyimpan foto di smartphone memang aman, namun jika foto penting nggak sengaja terhapus, gimana dong? Bisa nggak ya foto itu kembali lagi?

Pasalnya, tidak semua smartphone didukung dengan pengaturan bawaan yang memungkinkan pengguna bisa mengembalikan foto-foto yang telah dihapus.

Namun jangan khawatir, ada cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan foto dengan bantuan aplikasi dan program perangkat lunak PC yang dapat membantu.

Dilansir dari laman Lifewire, cara mengembalikan foto yang dihapus di Android bisa menggunakan aplikasi DiskDigger. Ikuti langkah-langkahnya!

Dok/Foto: Google Play Store

Cara mengembalikan foto dengan aplikasi DiskDigger

DisskDigger merupakan aplikasi yang dapat membatalkan penghapusan sekaligus memulihkan foto yang terhapus atau hilang dari memori internal

Fitur pemulihan data DiskDigger yang kuat dapat menemukan foto pengguna yang hilang dan membantu Anda mengembalikannya.

Pengguna dapat mengunggah file yang dipulihkan langsung ke Google Drive, Dropbox, atau mengirimnya melalui email.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menyimpan file ke folder lokal yang berbeda di perangkat Anda. Berikut ini caranya:

  • Pertama, Anda harus “mengunduh aplikasi DiskDigger” di Google Play Store, lalu buka dan pilih “opsi izinkan” ketika aplikasi memint akses ke galeri dan file.
  • Selanjutnya, ketuk “start basic photo scan”, maka pengguna akan melihat foto-foto yang dihapus muncul.
  • Kemudian pilih “kotak di sudut kiri atas” untuk memilihnya, lalu ketuk “pulihkan (recover)” di bagian atas layar.
  • Setelah itu, pilih “save file” ke aplikasi di perangkat pengguna. Aplikasi akan memberikan opsi tempat penyimpanan foto.
  • Terakhir, pilih salah satu yang paling sesuai dan ikuti instruksi. Foto yang terhapus bisa kembali ke perangkat Android Anda.

Itulah cara mudah mengembalikan foto yang terhapus di smartphone Android. Selamat mencoba!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait