Asam Urat Mengintai Kaum Muda, Ubah Gaya Hidup Anda!

Tandaseru – Asam urat bukan hanya untuk orang tua, saat ini banyak anak muda yang menginjak usia 30an telah terserang penyakit ini. Oleh sebab itu, cegah penyakit ini agar tak semakin parah dengan cara mengendalikan asam urat.

Penyakit yang menyerang persendian ini menimbulkan rasa sakit yang sangat menggangu hingga bengkak di bagian sendi yang sakit.

Jika asam urat telah datang, bukan tidak mungkin penderitanya akan kesulitan untuk beraktifitas seperti biasanya.

Sejauh ini asam urat belum dapat disembuhkan secara total, akan tetapi gejala yang timbul tetap bisa dikendalikan. Selain mengandalkan obat-obatan dari dokter, Anda juga dapat menangani gejalanya di rumah.

Perubahan gaya hidup yang lebih sehat menjadi kuncinya, secara otomatis ini dapat mengendalikan gejala asam urat yang muncul. Berikut yang dapat Anda lakukan di rumah.

Cara mengendalikan asam urat dengan teratur olahraga

Olahraga yang teratur dapat membantu melatih sendi-sendi Anda. Hal ini juga akan mengurangi gejala sakit asam urat yang meyerang bagian persendian.

Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki dengan intensitas sedang selama lebih kurang 30 menit perhari. Lakukan secara rutin ya.

Pantau terus kadar asam urat Anda

Jika Anda pengidap asam urat, dianjurkan untuk memiliki alat tes asam urat guna memantau kadar asam urat Anda.

Kadar asam urat normal untuk pria adalah dibawah 7 mg/dL, sedangkan untuk wanita adalah dibawah 6 mg/dL.

Minum air putih yang banyak

Daripada mengonsumsi kopi atau teh, jauh lebih baik jika Anda minum air putih. Air putih dipercaya dapat membantu ginjal untuk mengeliminasi asam urat dalam tubuh.

Minum air putih minimal 8 gelas perhari dapat membantu membuang zat yang tidak terpakai dalam tubuh.

Beberapa ahli mengatakan, dengan banyak minum air putih akan membantu melancarkan pembuangan asam urat yang berlebihan dalam tubuh.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya antioksidan

Salad Praktis yang Mudah dan Murah

Menurut penelitian Universitas of Maryland, seseorang yang mengidap asam urat dianjurkan mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya antioksidan, misalnya buah beri.

Buah beri mengandung plavonoid yang disebut anthocyanin. Kandungan ini dapat mengurangi peradangan dan kram yang ditimbulkan asam urat.

Sayuran seperti tomat dan paprika pun terbukti dapat mengontrol asam urat dalam tubuh tetap seimbang.

Buah lemon yang mengandung vitamin C juga dapat membantu meredakan sakit akibat asam urat, dan kandungan kalium berfungsi menjaga fungsi ginjal serta membantu menjaga kadar pH darah hingga kadar basa dalam urin.

Pembentukan kristral asam urat dapat dicegah jika fungsi ginjalnya baik dan kadar pH dalam darah juga seimbang. Caranya, peras lemon ke dalam air gelas air hangat, dan minumlah di pagi hari.

Kontrol berat badan

Motivasi Diet yang Wajib Dicoba

Salah satu penyebab asam urat adalah kelebihan berat badan. Jadi, terapkan pola diet yang sehat dengan cara konsumsi sumber karbohidrat komplek.

Produk susu tinggi lemak, unggas berlemak dan lemak jenuh yang terdapat pada daging merah juga harus dihindari.

Sebaiknya pilih sumber protein rendah lemak seperti gandum utuh, susu rendah lemak atau yogurt. Lalu jauhi makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan.

Hindari juga makanan seperti jeroan, seafood, daging merah dan alkohol. Makanan tersebut mengandung banyak purin (asam urat) yang bisa meningkatkan kadar asam urat.

Hindari stress

Jalan Bareng Teman Bikin Sehat

Selain menjaga pola makan, kendalikan stress dengan pola pikir yang positif. Sebab stress dapat meningkatkan kadar asam urat. Oleh karena itu, sesekali lakukan kegiatan positif yang menyenangkan bagi Anda.

Jangan malas minum obat

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Saat Sakit

Jika telah berobat ke dokter, tentu akan mendapatkan resep obatnya. Nah, salah satu cara mengendalikan asam urat yakni jangan pernah malas untuk mengkonsumsinya. Gunakan dosis yang tepat dan ikuti cara minumnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait