Nggak Boleh Panik! Begini 4 Cara Menghadapi Situasi Rem Blong

Tandaseru – Tak jarang kecelakaan terjadi akibat rem blong. Tapi ada cara menghadapi rem blong dengan tidak perlu panik yang berlebihan!

Mungkin Anda tidak bisa membayangkan apa yang akan Anda lakukan saat menghadapi rem mobil yang tiba-tiba mengalami gagal fungsi atau biasa disebut rem blong.

Memang kondisi yang bisa menyebabkan kecelakaan di jalan raya ini sangat fatal jika luput dari perhatian orang sekitar. Maka dari itu, ada langkah antisipatif untuk menghindarinya.

Rem identik dengan kendali kecepatan pada mobil. Komponen tersebut berhubungan dengan gas dan kopling jika mobil transmisi manual.

Agar tidak blong, pengguna mobil diharuskan rajin memeriksa minyak rem sebelum menggunakan kendaraan, lalu cek pedal rem ketika mesin mobil mati, serta gunakan sabuk pengaman saat mengendarai mobil.

Namun, jika Anda harus dalam situasi rem blong, maka sebaiknya tidak panik! Cobalah ikuti tips antisipasi rem blong yang dilansir dari Mobimoto ini.

Turunkan gigi berkala jadi cara menghadapi rem blong!

Ketika Anda sedang dalam kondisi yang tidak menyenangkan seperti rem blong saat berkendara, maka kondisikan diri agar tidak panik, lalu turunkan gigi secara bertahap dengan cepat mulai dari 5 – 4 – 3 – 2 -1 jika transmisi manual dan kurangi gas jika mobil matic.

Kendalikan pakai rem tangan

Saat rem pada pedal utama di bagian kaki mengalami kendala, setelah mengurangi gas atau mengurangi gigi, selanjutnya Anda kendalikan mobil dengan menggunakan rem tangan, hingga mobil benar-benar berhenti lalu arahkan kendaraan ke jalur lambat.

Berikan isyarat ke orang di sekitar

Saat mobil Anda masih sulit untuk dikendalikan, maka sebaiknya berikan peringatan ke orang yang ada di sekitar dengan membunyikan klakson, kedipan hazard, lambaian tangan atau bisa juga teriakan sebagai tanda bahaya.

Pastikan kendaraan lain menghindari mobil Anda agar tidak terjadi kecelakaan parah. Jika Anda harus menabrakkan diri, maka pilihlah objek yang paling tidak bisa minimal risiko kerusakannya.

Minta pertolongan orang saat rem blong

Ketika cara menghadapi rem blong dengan menabrakan diri sudah Anda lakukan dan memilih objek yang aman untuk menghalau benturan seperti pohon, tumpukan pasir atau tanah.

Maka hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah meminta pertolongan kepada penduduk sekitar atau pengguna jalan lainnya. Setelah itu barulah menghubungi pihak berwajib untuk penanganan selanjutnya.

Nah, jadi sudah paham bukan cara menghadapi rem blong ketika berkendara? Jangan langsung panik saat hal itu terjadi pada Anda, agar meminimalisir risiko kerusakan dan luka yang diakibatkannya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait