Calon Ibu Harus Tahu, ini 5 Cara Tidurkan Bayi Dengan Baik!

Tandaseru – Para calon ibu sepertinya wajib mengetahui cara menidurkan bayi dengan baik ini, ada beragam cara yang bisa dipraktikkan dan bisa dipelajari loh!

Ada banyak tantangan yang akan dihadapi seorang ibu, terutama para ibu muda yang baru saja memiliki anak pertamanya. Salah satu tantangan yang cukup menyita waktu seorang ibu adalah menidurkan bayi.

Karena kadang bayi jadi sulit tidur, rewel bahkan menangis sepanjang malam akibat ada hal tertentu yang menganggunya.

Dengan begitu, bukan tidak mungkin sang ibu merasa khawatir dan lelah karena bingung harus melakukan apa, tapi seperti dilansir Babble.com, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menidurkan buah hati.

Cara menidurkan bayi dengan baik, dengan membungkusnya menggunakan selimut bedung!

Cara paling mudah adalah membedung bayi dengan selimut, hal tersebut bisa membuat bayi terasa nyaman, terutama bagi bayi yang masih kecil atau pada usia 3 bulan ke atas.

Hal itu disebabkan, karena selimut bedung atau bisa juga kain gendongan mampu menjaga bayi tetap hangat. Sang Ibu juga bisa lebih mudah untuk membawanya ke mana pun.

Gantilah popok

Cobalah untuk mengganti popok bayi 2 sampai 3 jam sebelum tidur, karena jika ingin digunakan semalaman, popok harus diganti jauh sebelum si kecil ditidurkan.

Saat mengganti popok sesaat sebelum tidur, itu akan membuatnya tidak nyaman. Karena, bayi butuh beradaptasi kembali dengan permukaan popok.

Tapi ada juga bayi yang memperlihatkan hal sebaliknya. Jadi sebaiknya lebih kenali bayi Anda cocok dengan yang mana.

Suara mendengung

Agar tidur si kecil semakin nyaman, maka suara mendengung dari hair dryer atau vakum cleaner sebaiknya tidak perlu dihindari karena hal itu membuat bayi justru lebih tenang dan tertidur.

Suara semacam itu justru memberikan kenyamanan pada sang bayi. Pasalnya, bayi telah familiar atau mengenali betul jenis suara tersebut sejak dalam perut ibunya.

Dengan ibu membuat suara mendengung dengan mulut, maka  sang bayi bisa lebih terlelap tidur saat menggendongnya.

Menimang

Selain membuat suara mendengung, ibu juga bisa menimang sang buah hati saat sedang menggendongnya. Karena dengan begitu si kecil akan berhenti menangis dan lekas tertidur.

Menimang bayi dengan cara terus memantulkan tubuhnya naik dan turun bisa membuat anak lebih nyaman.

Selain itu pastikan si kecil selalu berada dekat dengan dada, hal itu membuat bayi lebih hangat dan suara detak jantung sang ibu membuatnya jadi nyaman.

Ruangan gelap

Saat menidurkan bayi sebaiknya matikan lampu dan jaga ruangan agar tetap gelap dan juga sunyi agar lebih memudahkan si kecil terlelap.

Layaknya orang dewasa akan lebih mudah untuk tertidur ketika lampu dipadamkan, si kecil pun akan jadi lebih mudah tidur karena dia menyukai cahaya yang minim saat tidur.

Memang karakter setiap bayi berbeda, dan tidak selalu menerapkan cara yang sama seperti di atas. Tapi tak ada salahnya mencoba cara menidurkan bayi dengan baik tersebut.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait