Punya Sneakers Kok Bau? Ini 5 Cara Mudah Merawat Sepatu

Tandaseru – Siapa yang tak mau punya alas kaki bersih dan terawat? Nah, ada kok cara mudah rawat sepatu agar terus tampil prima saat Anda kenakan!

Ada banyak jenis sepatu yang mungkin Anda miliki, ada yang model boots, pantofel ataupun slip on. Untuk kali ini cara mudah rawat sepatu yang berjenis sneakers, karena kebanyakan orang menggunakan sepatu ini untuk sehari-hari.

Michael Kienzy, Marketing Communication Manager Vans Indonesia, mengatakan ada beberapa cara mudah agar penampilan sepatu sneakers bisa terus terlihat prima, seperti dikutip dari Tempo.

Jangan pakai saat hujan jadi cara mudah rawat sepatu!

Memang jadi hal yang sepele, tapi jika ingin sepatu Anda nampak baik, cobalah untuk hindari menggunakan sepatu tersebut ketika hujan.

Segala jenis air merupakan musuh utama sepatu, karena dapat merusak jahitan serta bahan-bahan lainnya yang terdapat dalam sepatu.

Michael pun menyarankan agar Anda melepas sepatu ketika sedang hujan dan tak menggunakannya ketika beraktivitas pada lingkungan yang mudah tergenang air ataupun suasana yang tak memungkinkan untuk sepatu tetap kering.

Segera keringkan saat basah!

Seperti yang sudah diketahui pada cara mudah rawat sepatu yang pertama, bahwa air adalah musuhnya sepatu. Tapi tidak menutup kemungkinan sepatu Anda terciprat air kan?

Jadi saat ada hal yang tak sengaja menimpa Anda, dan membuat sepatu basah, segeralah mengeringkannya, bisa menggunakan hair dryer atau segera jemur di bawah terik matahari.

Teratur bersihkan sepatu

Anda sudah menjaga sepatu dari air, tapi tidak Anda bersihkan secara berkala, sama saja sepatu akan terlihat kusam akibat debu dan kotoran selama pemakaian.

Dengan membersihkan sepatu secara rutin, sama saja Anda sudah melakukan pemeliharaan. Bersihkanlah sepatu dengan membasuh bagian luar dan dalam menggunakan cairan pembersih.

Jadi bukan hanya noda akibat pemakaian yang dihilangkan, tapi bisa menghilangkan bau di sepatu.

Simpan sepatu dengan silica gel

Kadang cara mudah rawat sepatu ini suka dilupakan, bahkan banyak orang meletakkan sepatu dalam dus atau lemari sepatu begitu saja.

Padahal, cara itu kurang tepat, sebaiknya simpanlah sepatu dengan menggunakan silica gel yang diletakkan di dalamnya. Hal itu guna menjaga kelembapan sepatu, jadi tetap prima sekalipun tak sedang digunakan.

Jangan simpan kaos kaki dalam sepatu

Terkadang orang malas untuk memindahkan kaos kaki dalam sepatu, padahal dengan menyimpan kaos kaki dalam sepatu bukanlah hal yang benar.

Hal itu terkait dengan tingkat higienis seseorang. Kegunaan kaos kaki adalah untuk melindungi keringat tubuh langsung pada sepatu sehingga tak menimbulkan bau tak sedap.

Tapi jika kaos kaki diletakkan dalam sepatu, sepatu tentu akan mengeluarkan bau tak sedap akibat kuman serta bakteri dari kaos kaki pindah ke sepatu.

Sekarang sudah lebih tahu kan cara mudah rawat sepatu khususnya sneakers? Jadi tidak perlu khawatir lagi sepatu mudah rusak atau mengeluarkan bau tak sedap ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait