Serius Nih? Ada 3 Cara Sehat Makan Mi yang Perlu Anda Tahu

Tandaseru – Mungkin hampir semua orang suka makanan satu ini, padahal ada yang bilang menu satu ini tidak baik dikonsumsi apalagi yang instan. Tenang, ada kok cara sehat makan mi!

Semua makanan di dunia ini memang fungsinya adalah sebagai asupan energi bagi tubuh, dan baik. Hanya saja, ada sejumlah makanan yang jika dikonsumsi terlalu sering jadi berakibat tidak baik untuk tubuh.

Salah satunya mi, menu satu ini sudah ada banyak ragamnya, mulai yang dibuat sendiri atau masih segar sampai yang sudah dalam kemasan alias instan.

Mi dipercaya membuat kenyang lebih lama serta bisa menunda rasa lapar. Namun, kandungan karbohidrat sederhana bisa meningkatkan kadar gula darah.

Bukan itu saja, saat dikonsumsi berlebihan mi bisa menimbulkan sembelit, apalagi saat diolah tanpa menggunakan bahan tambahan serat.

Tenang, sekalipun ada efek berbahaya bagi kesehatan, dr. Juwalita Surapsari Sp.GK mengungkapkan dilansir dari Viva.co.id ada cara sehat makan mi.

Pilih mi yang baik salah satu cara sehat makan mi!

Nah, Sebaiknya pilih jenis mi yang bukan mi instan. Karena, Anda bisa mengatur sendiri bumbu serta kadar garam yang akan masuk dalam masakan.

Jangan pula memilih mi yang sembarangan, agar terjamin higienitas dan kesehatannya, pastikan mi tersebut mencantumkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Waspada juga pada mi dengan formalin yang saat ini banyak ditemukan. Untuk bisa tahu mi berformalin coba lihat tekstur minya, jika lebih kenyal dan kaku dan dibiarkan pada suhu ruang, tidak terdapat lalat yang hinggap pada mie artinya mi tersebut berbahaya.

Ilustrasi

Bahan pelengkap

Cara sehat makan mi lainnya adalah dengan menambahkan pelengkap. Mengonsumsi mi memang baik karena ada sumber karbohidrat, namun tak terdapat gizi baik di dalamnya.

Sebab, kandungan karbohidrat pada mi berbeda dengan karbohidrat kompleks, maka, agar mi yang dikonsumsi mengandung nutrisi.

Anda harus melengkapi dengan sayuran dan protein seperti ayam, telur sampai bahan seafood. Jadi tidak hanya mengenyangkan, tapi juga bergizi.

Jangan terlalu sering

Sekalipun sudah diberikan pelengkap yang bergizi, tetap saja mengonsumsi mi terlalu sering itu tidak baik bagi tubuh.

Juwalita pun mengungkapkan, mi yang mengandung karbohidrat sederhana dan seratnya sedikit. Jika tak diimbangi cukup serat dari buah dan sayur bisa memicu gejala sulit buang air besar.

Oleh sebab itu, saat Anda terlalu banyak atau terlalu sering mengonsumsi mi, maka dapat memicu sembelit atau kesulitan buang air besar. Makan mi masih aman bagi kesehatan, saat tidak berlebihan dan menggunakan tambahan bahan lainnya sebagai pemenuhan gizi.

Jadi, apakah Anda masih mau sering-sering makan mi? Jika harus makan mi, sebaiknya perhatikan sejumlah cara sehat makan mi di atas agar tubuh tetap bugar!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait