Suka Kopi? Ini 4 Cara Unik Minum Kopi Berbagai Negara

Tandaseru – Memang kopi adalah salah satu minuman yang digemari hampir di seluruh dunia. Maka, ada banyak cara unik minum kopi yang berbeda di setiap negara!

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia.

Tapi Indonesia juga memiliki ragam cara unik minum kopi, seperti Kopi Khop Aceh atau Kopi Kawa Daun Bukittinggi.

Ada beragam cara bisa dilakukan untuk menyesap secangkir kopi mereka, mau tahu negara mana saja yang punya kebiasaan unik saat minum kopi?

Cara unik minum kopi di Vietnam

Siapa yang tak suka es kopi susu? Di Indonesia khususnya minuman kopi dengan tambahan susu paling digemari bahkan di setiap tempat punya variasinya masing-masing.

Kopi susu yang ada di Vietnam biasa disebut Cà phê sữa đá yang sangat unik penyajiannya, biasanya dibuat dengan campuran dark roast coffee dan susu kental manis.

Penyajiannya tidak langsung menuang susu dan kopi bersamaan, melainkan kopi diseduh pada alat yang disebut drip coffee yang diletakkan di atasnya. Setelah air kopinya turun, barulah diaduk dan diberi es batu.

Austria

Lain lagi dengan cara penyajian kopi khas dari Austria ini, diberi nama Wiener Melange yang merupakan bahasa Jerman untuk Campuran Vienna.

Wiener Melange merupakan kopi yang menyerupai cappuccino, pasalnya minuman kopi ini disajikan dengan topping khas yaitu milk foam di atasnya.

Ethiopia juga punya cara unik minum kopi

Ternyata tak seperti di Indonesia yang menikmati kopi bisa kapan saja, di Ethiopia kopi berperan penting pada upacara masyarakat di sana.

Bahkan pada kesempatan khusus, para wanita menyiapkan minuman dengan waktu berjam-jam, mulai dari memanggang biji kopi sampai menyajikannya untuk keluarga serta para tamu.

Mereka pun menyajikan kopi pada cerat khusus yang disebut jebana dan disandingkan dengan popcorn sebagai teman minum kopi.

Meksiko

Lain lagi dengan cara unik minum kopi di Meksiko. Memiliki kopi khas bernama café de olla, bercita rasa rempah akibat kayu manis dan gula alami yang disebut piloncillo.

Kopi khas Mexico ini dihidangkan dalam wadah gelas dari tanah liat, yang dipercaya bisa memberi rasa khusus dan unik dalam kopi tersebut.

Nah, itu beberapa cara unik minum kopi berbagai negara di dunia, kenyataannya menikmati secangkir kopi bisa bermacam-macam kan?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait