Ceko Tawarkan Kerja Sama Energi Tenaga Air dan Otomotif

Tandaseru – Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir mengungkapkan ada beberapa hal yang disampaikan Senat Ceko menyangkut kerja sama energi mengingat negara tersebut surplus dalam hal energi tenaga air.

Ketua Senat Ceko, Milan Stech juga menyampaikan kerja sama di bidang otomotif, yang disambut Presiden Jokowi keinginan untuk bekerja sama dalam pengembangan otomotif ini bahkan mengarah kepada industri 4.0, antara lain sampai ke sana.

“Ada juga tadi disampaikan mengenai kesehatan, dimana jaminan kesehatan menurut Ketua Senat Ceko, Ceko itu sangat baik, 7% dari GDP,” ungkap AM Fachir, Senin (17/9/2018).

“Presiden tadi mengatakan bahwa kita tertarik karena kita selama ini sudah memberikan 186 juta jaminan kesehatan dan sistem jaminan kesehatan Ceko mungkin bisa juga memperkuat cara-cara kita untuk memberikan jaminan kesehatan,” ungkap Presiden Jokowi.

Mengenai pendidikan, menurut Wamenlu, Ceko menawarkan peluang bagi mahasiswa Indonesia terutama di bidang kedokteran. “Tadi ditawarkan bisa belajar di Ceko,” tuturnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait