Cobain Nih, Salad Tradisional yang Menyehatkan Khas Indonesia!

Tandaseru – Salad merupakan olahan makanan dari kombinasi buah dan sayuran. Sayangnya, banyak yang mengira salad adalah hidangan luar negeri. Padahal beberapa jenis salad khas Indonesia juga menyehatkan dan segar.

Kali ini Tandaseru.id  telah merangkum  jenis salad asli Indonesia  yang bisa Anda buat di rumah dengan mudah dan tidak menggunakan banyak bahan.

Salah satu salad khas Indonesia adalah karedok

Karedok berasal dari Jawa Barat dan disajikan bersama kupat serta kerupuk udang. Terbuat dari sayuran yang mentah, seperti tauge,  kol, kubis dan mentimun.

Bahan-bahan tersebut  dicuci terlebih dahulu dan dipotong-potong kecil, kemudian disiram dengan bumbu kacang yang rasa kencurnya sangat kuat.

Rujak buah atau Lotis

Rujak salah satu salad paling populer di seluruh Indonesia. Banyak macamnya, seperti rujak cingur, rujak petis, rujak buah, dan rujak cuka hingga rujak kuah pindang. Namun yang paling populer saat ini adalah rujak buah atau lotis.

Biasanya terdiri dari berbagai macam potongan buah segar. Seperti, bengkoang, mangga, belimbing,  nanas, kedondong, semangka, pepaya.

Rujak buah cocok dimakan bersama sambal yang terbuat dari cabai, garam,  gula merah, kacang tanah goreng, dan sedikit terasi.

Plecing Kangkung

Makanan khas Lombok yang dibuat dari tauge dan daun kangkung yang  direbus. Kemudian disiram dengan sambal tomat khas Lombok, bercita rasa pedas dan gurih.

Bahan utama sambal tomat plecing khas Lombok ini mencangkup cabai merah,  tomat, bawang merah, bawang putih.

Bahan tersebut direbus lalu diuleg, ditambah garam, terasi, dan potongan jeruk pecel atau limau.

Asinan Bogor

Asinan Bogor terbuat dari buah-buahan dan perpaduan sayuran. Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan proses direndam air cuka atau  pengacaran.

Bahan yang biasa dibuat asinan bogor adalah wortel, mentimun, tauge, kol, kedondong, mangga,  bengkoang, pala, nanas. Rasanya asam, manis, dan pedas tentu menyegarkan.

Urap atau Trancam

Makanan olahan berbahan sayuran yang diberi tambahan bumbu. Seperti cabai, garam, merah, gula jawa, kencur, bawang putih, parutan kelapa dan di campur daun jeruk yang diuleg. Rasa bumbu trancam atau urap cenderung gurih dan pedas.

Perbedaan trancam dan urap terletak pada sayurannya. Kalau urap, sayuran direbus terlebih dahulu dan biasanya mencakup jantung pisang, bayam, tauge dan lainnya.

Sedangkan trancam biasanya sayuran yang masih segar atau mentah, seperti kol muda, mentimun, wortel, daun kenikir dan daun kemangi.

Nah itu dia jenis salad khas Indonesia yang menyehatkan dan segar. Sangat mudah dibuat di rumah loh!

Kumpulan Berita Terkait