Perhatikan 4 Dampak Buruk Tidur Setelah Sahur dan Solusinya!

Tandaseru – Sebagian orang beranggapan bahwa tidur setelah sahur menjadi godaan terbesar. Apalagi ketika Anda banyak makan saat sahur, tentu rasa kantuk akan semakin berat. Nah, dampak buruk tidur setelah sahur pun perlu Anda ketahui.

Tahukah Anda? mengenai dampak buruk saat tubuh tidur kembali setelah makan sahur? Dampak negatif yang akan diterima bisa menjadi ancaman kesehatan loh.

Berikut ulasan lengkap dampak negatif yang akan terjadi ketika tidur setelah sahur.

Dampak buruk tidur setelah sahur yaitu rasa panas di area dada

Sistem pencernaan akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan ketika Anda tidur.  Nah, jika setelah makan sahur langsung tidur, maka tubuh akan rentan terkena sakit maag lantaran meningkatnya kadar asam lambung.

Hal ini yang membuat zat asam menjadi naik sehingga dapat menimbulkan sensasi panas pada area dada.

Berisiko terkena stroke

Saat mendengar penyakit ini tentu akan membuat perasaan menjadi gundah. Berdasarkan penelitian, seseorang yang jeda antara tidur dan makannya lebih lama, risikonya terkena gangguan stroke rendah.

Begitu juga sebaliknya, jika seseorang langsung tidur setelah makan tanpa memberi waktu jeda yang cukup, maka risiko terkena stroke pun meningkat.

Berat badan naik namun perut membuncit

Setelah makan dan merasa cukup serta kenyang, tubuh perlu waktu untuk mencerna semuanya. Namun jika langsung tidur setelah sahur, maka lemak bisa tertimbun dalam perut dan tak langsung dapat dicerna dengan baik.

Akibatnya, perut jadi buncit dan besar kemungkinan berat badan pun akan naik.

Refluks asam lambung

Refluks yaitu ketika makanan yang baru masuk ke perut namun bisa berbalik, yang tadinya di lambung kemudian justru menuju kerongkongan.

Apabila ini terjadi, maka kerongkongan pasti akan terasa panas seperti terbakar. Jadi, berhati-hatilah!

Bahkan, mulut bisa jadi terasa pahit dan tak nyaman sekali. Pahami hal ini dan berusahalah agar tidak langsung tidur setelah sahur.

Solusi menahan kantuk setelah sahur

Nah kini tak perlu hawatir, sebab selalu ada solusi dari 5 masalah diatas. Pertama, niatkan dalam diri untuk mengusahakan tidur sekitar 2 jam setelah makan sahur.

Cara kedua, tidurlah lebih awal agar saat bangun sahur tubuh lebih bugar. Sehingga setelah makan sahur, tak merasa mengantuk lagi.

Lakukan juga aktivitas sebelum tidur lagi. Bisa dengan menunaikan shalat Subuh terlebih dulu, berzikir, dan mengaji atau membaca Al-Qur’an.

Jaga pola hidup dan pola makan dengan seimbang. Maka, di bulan Ramadhan ini akan memberi banyak berkah.

Semoga info dari dampak buruk tidur setelah sahur dan juga solusinya ini dapat bermanfaat. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -