Dampak Kabut Asap Kalimantan, Dua Pesawat Lion Air Batal Terbang

Tandaseru – Dua penerbangan pesawat Lion air menuju Kalimantan ditunda karena dampak asap kebakaran hutan. Maskapai Lion Air memulangkan pesawat yang sudah lepas landas, kembali ke bandara asal, Surabaya.

Dua penerbangan Lion Air terpaksa kembali atau return to base. Hal tersebut terjadi pada penerbangan Lion JT-314 Surabaya (SUB) – Samarinda (AAP) yang kembali Surabaya.

Selain itu, Lion Air penerbangan JT-712 Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) – Pontianak (PNK) kembali ke Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK).

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menjelaskan , keputusan tersebut disebabkan akibat cuaca buruk berupa fog/smoke (kabut asap) yang terjadi di beberapa daerah.

“Kondisi ini mengakibatkan jarak pandang pendek (visibility below minimum) dan tidak memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan untuk proses lepas landas dan mendarat,” kata Danang dalam keterangan tertulis, Minggu (15/9).

Pihaknya menyebut kebijakan ini dilakukan untuk memastikan keselamatan dan keamanan. Lion Air Group mengalami keterlambatan keberangkatan dan kedatangan (delay), kembali ke bandar udara keberangkatan (return to base/ RTB), pengalihan pendaratan (divert) serta melakukan pembatalan penerbangan (cancel), di beberapa jaringan domestik yang dilayani.

Lion Air Group menegaskan, bahwa berdasarkan situasi yang terjadi seluruh operasional dijalankan berdasarkan standar operasional prosedur (SOP).

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait