Demokrat Sambut Optimistis Putusan MK Soal Ambang Batas

JAKARTA (!) – Partai Demokrat menyambut dengan suasana optimistis putusan Mahkamah Konstitusi yang menolak ihwal ambang batas preside.

Demokrat optimistis tetap bisa mengusung calon presiden atau calon wakil presiden pada pemilu 2019.

“Dengan meliha gabungan dan situasi koalisi yang ada, 20 persen itu artinya masih terbuka luas kami mengusung capres atau cawapres,” kata Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto di DPR, Jakarta, Jumat (12/1).

Agus juga menyebut bahwa sudah menjadi jawaban dari rapat kerja nasional Demokrat beberapa waktu lalu soal hasrat Demokrat mengusung capres atau cawapres. Meskipun, pada perjalanannya nanti bisa saja bukan kader Demokrat otentik yang diusung.

“Tapi hingga kini Demokrat belum memunculkan nama yang hendak diusung ke bursa Pilpres 2019. Demokrat masih fokus menata partai,” kata dia.

Mahkamah Konstitusi menolak uji materi atas Pasal 222 UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Ambang Batas Pencalonan Presiden atau Presidential Threshold, yang diajukan oleh Partai Idaman.

Bunyi Pasal 222 menyebut jika partai politik atau gabungan partai politik harus memiliki 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara sah nasional pada Pemilu 2014 untuk bisa mengusung pasangan Capres dan Cawapres di Pilpres 2019.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -