Deteksi Penyakit Bisa Lewat Karakteristik Wajah

JAKARTA (!) – Ternyata ada cara mudah untuk mendeteksi kesehatan seseorang, bukan cuma kepribadian. Karakteristik wajah juga bisa memprediksi masalah kesehatan yang sedang diderita seseorang.

Mata dan kulit wajah kuning

Jika melihat bagian putih pada mata serta rona kulit yang menguning kusam, maka hal tersebut tanda bagian hati tidak dapat bekerja dengan baik saat membersihkan racun serta limbah kotoran pada tubuh.

Perubahan warna tersebut tanda dari penyakit kuning, yang jadi tanda dari gejala penyakit hati atau hepatitis baik virus atau autoimun, sirosis dan perlemakan hati, pankreatitis akut, gangguan empedu, ketergantungan alkohol, infeksi seperti mononucleosis, malaria atau leptospirosis sampai kanker hati.

Kulit pucat

Karakteristik wajah pucat biasanya pertanda tubuh sedang sakit atau kurang fit. Bisa juga disebabkan oleh darah merah yang berkurang yang disebut anemia defisiensi zat besi atau defisiensi folat.

Atasi penyakit tersebut dengan banyak makan sayuran hijau gelap, tomat, kacang, daging serta telur untuk memenuhi kebutuhan gizi harian.

Wajah berbulu

Jika tumbuh bulu pada wajah wanita maka harus waspada, entah itu berbentuk kumis, jenggot, atau jambang di sisi rahang.

Karena kondisi itu disebut hirsutisme, yang artinya terdapat kelebihan hormon seks pria androgen pada tubuh wanita. Mungkin, ketidakseimbangan hormon ini tidak begitu membahayakan.

Tetapi hirsutisme juga bisa jadi salah satu gejala sindrom ovarium polikistik (PCOS). Terutama jika disertai menstruasi yang tidak teratur serta nyeri PMS hebat.

Bibir pecah-pecah

Kondisi ini bukan hanya disebabkan oleh panas dalam tapi juga jadi tanda dehidrasi serta kekurangan gizi, seperti niasin atau zink. Kedua mineral tersebut paling banyak ada pada daging ayam, hati ayam, serta ikan.

Bibir pecah-pecah bisa juga jadi pertanda sindrom iritasi usus (IBS), herpes oral sampai penyakit Kawasaki yang umum terjadi pada anak.

Ujung bibir atau mulut lecet

Jika di ujung atau pinggiran bibir ada luka, lecet, timbul bercak merah bahkan membengkak merupakan tanda dari cheilitis angular.

Kondisi semacam itu cukup umum, kerap disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi, terutama zat besi, vitamin B-2 serta B-12.

Maka atasi masalah kesehatan tersebut dengan memperbanyak makan makanan kaya zat besi serta vitamin B, seperti sayuran hijau gelap, kacang-kacangan, daging ayam serta daging sapi. Jika tidak ada perubahan, segera hubungi dokter.

Mata panda

Umumnya lingkar bawah mata yang menghitam diakibatkan oleh begadang, tetapi pada beberapa orang, mata panda dapat dijadikan pertanda kondisi shiners allergy.

Lingkaran mata menghitam khas shiners allergy terjadi karena saluran sinus hidung tersumbat sebagai reaksi dari alergi.

Ciri mata panda shiners allergy mirip lebam berwarna ungu tua kebiruan dan disertai rekasi alergi yang umumnya, seperti mata merah gatal, hidung berair serta bersin-bersin.

Shiners allergy ini biasa disebabkan oleh alergi makanan, debu, tungan serta asap rokok atau asap kendaraan.

Ingat, bukan berarti jika memiliki salah satu atau lebih dari karakteristik wajah tersebut, langsung menandakan anda atau orang-orang di sekitar benar-benar sakit.

Berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter dapat dilakukan untuk mendapat diagnosis serta pengobatan yang tepat.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -