Janjikan Anak Masuk Fakultas Kedokteran UIN, Polisi Tangkap Si Penipu

Tandaseru – Team Vapers Satreskrim Polres Metro Tangerang Selatan menangkap pelaku penipuan atau penggelapan Syafullah as Arif (39). Pelaku menipu dua orang korbannya dengan modus bisa memasukkan anak korban ke UIN Syarif Hidayatullah jika membayar sebesar Rp150 juta.

Kasat Reskrim Polres Metro Tangerang Selatan AKP Alexander Yurikho menyebutkan tersangka ditangkap di rumah istri siri pelaku di kawasan Bogor, Jawa Barat pada Kamis (8/6/2018).

“Korban menghubungi dan bertemu tersangka dan setelah itu menyerahkan masing Rp150 juta ke tersangka. Menurut keterangan tersangka untuk diserahkan ke Dekan fakultas Kedokteran UIN,” kata Yurikho dalam keterangan tertulis yang didapat Tandaseru.id, Kamis (8/6/2018).

Yurikho menjelaskan kedua korban bernama Rosa Fitri dan Tine ini awalnya diberitahu oleh temannya jika ada seseorang yang bisa memasukan anak-anak mereka ke Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah melalui jalur khusus.

“Pada 15 Mei 2018 korban membuat janji dengan tersangka di Rumah Makan Ayam Bakar Situ Gintung, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan,” ucapnya.

Menurut kesaksian korban, setelah dicek ke Universitas tersebut, ternyata tersangka bukan merupakan salah satu karyawan di Universitas tersebut. Berangkat dari itu, Rosa Fitri melaporkan ke Polres Metro Tangerang Selatan dengan nomor laporan polisi LP / 477 /K/V/2018/SPKT/Res.Tangsel tanggal 15 mei 2018.

“Tersangka merupakan residivis yang pernah dijatuhi hukuman 1 Tahun penjara (bebas pada November 2017) karena melakukan Kejahatan dengan modus yang sama pada Tahun 2016 (Kasus ditangani Sat Reskrim Polres Tangsel),” ucap Yurikho.

Selanjutnya, kata Yurikho, pihaknya mengamankan penelusuran aset tersangka yang diduga hasil kejahatan untuk dilakukan upaya penyitaan. Karena perbuatanya, tersangka dijerat pasal 372 dan atau 378 KUHPidana.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait