Dua Tahun Lagi Indonesia Siap Gunakan Jaringan 5G

JAKARTA (!) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengakui saat ini tengah mempersiapkan jaringan 5G dan akan meluncurkannya pada 2020 mendatang.

Menurut Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Ismail, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan pita frekuensi untuk jaringan 5G.

“Kami siapkan di band 3,5GHz, 2,6GHz, dan 2,8GHz. Ini mengikuti kesepakatan dunia,” kata Ismail di Jakarta, Selasa (17/4).

Penggunaan jaringan tersebut diklaim Ismail akan membuat biaya pembangunan infrastruktur 5G jadi lebih hemat.

“Indonesia tidak bisa menentukan sendiri, kalau begitu nanti spesial dan khusus dan akan membuat biaya menjadi mahal,” katanya.

Selain itu, Ismail juga menyebutkan jaringan 5G mempunyai beberapa tujuan. Salah satunya adalah di sektor kritikal yang membutuhkan latensi rendah.

“Perangkat-perangkat bisa beroperasi dengan baik, kalau sudah ada layanan 5G. Sekarang dalam proses finalisasi launching secara komersial,” jelasnya.

Perlu diketahui, selain Kominfo para operator pun sudah mempersiapkan jaringan untuk 5G, bahkan beberapa operator sudah melakukan uji coba.

Tak hanya operator, beberapa vendor seperti Nokia, Ericsson, ZTE, dan lain sebagainya juga sudah mempersiapkan perangkat 5G yang akan dijual Indonesia.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -