Duet Rindu Prihatin Tawuran Pelajar di Jawa Barat

Tandaseru – Pasangan Calon gubernur (Cagub) dan Cawagub Jabar, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) mengaku prihatin dengan maraknya tawuran yang melibatkan anak-anak.

Seperti yang terjadi pada siswa sekolah dasar (SD) di Purwakarta, para pelajar nyaris tawuran dengan menggunakan senjata tajam, baru-baru ini.

Uu mengajak orangtua lebih meningkatkan perhatian kepada anak-anak. Proses tumbuh kembang dan perilaku anak ke depan sangat bergantung dari kepedulian dan pola pendidikan yang diterapkan keluarga tersebut.

Uu mengatakan, orang tua harus terdepan dalam memberi pendidikan yang baik untuk anak-anak. Mereka tidak bisa menyerahkan segalanya ke pihak sekolah.

Ia mencontohkan, sentuhan kasih sayang dan ajaran dari ibu akan melekat dan membuat hubungan emosional yang baik antara orang tua dan anak.

“PAUD dan TK itu sifatnya sekunder. Justru jika orang tua punya waktu di rumah, sebaiknya pendidikan agama dan akhlak diajarkan langsung oleh orang tua,” ujar Uu dalam siaran persnya, Minggu (22/4/2018).

Uu menilai, maraknya perilaku menyimpang seperti tawuran ini terjadi karena anak-anak kurang mendapat pendidikan keagamaan dan keluarga. Sehingga, menurutnya emosional mereka tidak stabil.

“Ini sangat luar biasa, karena mereka masih usia belia. Beruntung kepolisian bisa menggagalkan rencana itu (di Purwakarta),” kata Uu.

Oleh karena itu, kata dia, orang tua harus lebih serius dalam memberi perhatian dan pendidikan kepada anak-anak. Pendidikan keagamaan harus diutamakan agar karakter anak menjadi baik.

“Anak tidak cukup diberi pendidikan duniawi saja, seperti sekolah. Tapi juga dibutuhkan pendidikan ukhrowi, tentang keakhiratan,” katanya.