E-4B “Doomsday” Benteng Terbang Komando AS

 

doomsday

JAKARTA (!) – Ada hal menarik dalam kunjungan Menteri Pertahanan AS Jim Mattis ke Indonesia pekan lalu yaitu munculnya Pesawat Boeing E-4B “Doomsday” di apron Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (23/1).

Pesawat berwarna putih dengan antena satelit MILSTAR di punggung adalah pesawat komando strategis yang dioperasikan Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF). Pesawat yang oleh NATO diberi nama panggilan “Doomsday Plane” ini, berbasis desain dari pesawat Jumbojet B747-200.

E-4B menyandang nama resmi National Airborne Operation Centres (NAOC). Pos komando udara ini mengangkut pemimpin-pemimpin tinggi AS dan pucuk-pucuk pimpinan militer. E-4B “Doomsday” biasanya mengikuti pesawat kepresidenan Air Force One saat kunjungan ke sejumlah negara.

Saat pecah perang nuklir, E-4B “Doomsday” bakal difungsikan sebagai kantor kepresidenan. Dari pesawat ini, mereka bisa memberikan komando ke seluruh angkatan bersenjata AS, saat unit-unit di darat lumpuh akibat radiasi nuklir.

Angkatan Udara AS memiliki empat unit E-4B yang dioperasikan oleh skadron 1st Airborne Command and Control Squadron yang bermarkas di Offutt Air Force Base. (mac)

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -