Tanda Seru
Cek Fakta Berita di Indonesia

Ekspor Perikanan Turun, Begini Tanggapan KKP

JAKARTA (!) – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan walau mengalami penurunan, kondisi ekspor perikanan Indonesia masih lebih baik dibandingkan negara lain.

Menurutnya, di tengah situasi perekonomian global yang menurunan wajar jika terjadi penurunan ekspor komoditas perikanan.

“Ekspor, walaupun turun, tetapi dibandingkan negara lain jauh lebih baik,” kata Menteri Susi dalam jumpa pers di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Kamis (11/1).

Sementara itu, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Nilanto Perbowo menyatakan, turunnya volume ekspor tidak berpengaruh kepada nilai ekspor per tahun.

“Karena setiap tahun ada faktor meningkatnya harga ekspor serta produk perikanan memiliki nilai tambah,” kata dia.

Selain itu, rata-rata produk yang turun volume ekspornya adalah produk dengan harga yang relatif rendah.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk meningkatkan produksi industri perikanan.

“Sekarang konsentrasinya agar ke industri pengolahan ikan, terutama yang mendorong untuk ekspor ikan, karena ekspornya kita turun,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, dirinya mendukung seluruh upaya untuk meningkatkan produksi perikanan di Indonesia, baik tangkap maupun budi daya.

Anda mungkin juga berminat