F-PDIP Apresiasi Pembentukan Koopsusgab

Tandaseru – Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Arteria Dahlan mengapresiasi pembentukan Komando Operasi Pasukan Khusus Gabungan (Koopsusgab). Menurutnya pembentukan pasukan tersebut sebagai wujud kehadiran negara memberantas terorisme di tanah air.

“Ini bagian dari aksi nyata pemerintah, bukan menimbulkan polemik baru. Ini harus diapresiasi,” ungkap Arteria Dahlan, Kamis (17/5/2018).

Dia juga menilai pemerintah sudah sepakat mempercepat penyelesaian pengesahan revisi UU Anti Terorisme. Bahkan, presiden telah mengultimatum bila tidak selesai pembahasannya pada bulan ini, segera akan diterbitkan Perppu.

“Itu kan, luar biasa. Beliau pasang badan untuk melawan terorisme dalam aspek regulasi,” tegas Arteria.

Lanjut Arteria, nantinya Koopsusgab ini bekerja dalam tatanan teknis implementatif, sehingga tidak ada masalah. Konsepnya pun, kata Arteria, masih dalam koridor hukum yang ada, yakni Koopsusgab sifatnya perbantuan terhadap Polri dalam hal pemberantasan terorisme. “Keberadaannya juga tak menegasikab BNPT,” tutur Arteria.

Sebelumnya, Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko memastikan, Presiden Joko Widodo menyetujui pengaktifan kembali Koopsusgab untuk membantu Polri melaksanakan tugas pemberantasan terorisme. Koopsusgab sendiri merupakan pasukan antiteror gabungan tiga matra TNI. Pasukan ini berasal dari Sat-81 Gultor Komando Pasukan Khusus milik TNI Angkatan Darat, Detasemen Jalamangkara TNI Angkatan Laut dan Satbravo 90 Komando Pasukan Khas dari TNI Angkatan Udara.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -