Daging Super Mahal Dari Jepang ini Faktanya Buat Melongo!

Tandaseru – Pernah lihat wujud daging termahal dari Jepang? Jika biasanya daging tidak sampai harga jutaan, fakta daging termahal ini harganya bikin kantong jebol!

Jepang memang memiliki beragam kuliner yang unik dan lezat. Sebut saja sushi, ramen sampai sashimi yang memang berhasil menggugah selera banyak orang di seluruh dunia.

Bukan hanya itu, negara itu juga jadi pusat daging sapi berkualitas tinggi, salah satunya daging Omi Hime, yang disebut-sebut berkualitas lebih tinggi dari daging sapi Jepang lainnya.

Koki dan ahli daging asal Jepang, Chef Umemoto mengungkapkan daging Omi Hime mampu memiliki tekstur yang lembut dan juicy sekalipun disantap dalam keadaan dingin.

Hal itu bisa terjadi lantaran daging sapi asal Prefektur Shiga tersebut punya pola marbling yang rapat dari serat lemak di sekelilingnya.

Salah satu dari tiga daging premium di Jepang jadi fakta daging termahal ini!

Akibat cita rasanya yang sangat gurih dan juga juicy, daging Omi Hime pun termasuk dalam salah satu dari tiga jenis daging sapi yang paling berkualitas se-Jepang.

Jika tau daging Kobe dan Matsusaka, kualitas dari Omi Hime, baik dari sisi rasa atau cara perawatannya tidak kalah terjamin dari dua jenis daging tersebut.

Yang membuat kualitas Omi Hime begitu tinggi yaitu berasal dari proses perawatan yang terjamin kebersihannya, mulai dari minuman yang memakai air khusus, sampai pakan yang memang diolah dengan semua bahan berkualitas.

Bukan itu saja, sapi pun harus sering dipijat serta dibersihkan agar tak mudah stress, hal itu bisa sangat berpengaruh pada kualitas daging alias kualitasnya akan menurun jika sapi stress.

Rp5Juta per kilogramnya!

Fakta lainnya adalah, akibat kualitasnya yang tinggi, daging sapi tersebut jadi memiliki harga jual yang tinggi juga. Untuk satu kilogram daging Omi Hime, bisa dibanderol seharga Rp5Juta-an!

Mahalnya daging sapi itu dikarenakan tidak semua sapi di Prefektur Shiga yang bisa dikategorikan dalam jenis Omi Hime. Bukan itu saja, untuk satu ekor sapi Omi Hime hanya mampu menghasilkan daging Omi Hime berkualitas yang sedikit, yaitu hanya di bagian punggungnya.

Chef Umemoto pun menambahkan untuk jumlah daging dalam satu ekor sapi tak terlalu banyak. Di Tokyo harganya juga sama tingginya.

Jadi sebenarnya Hime memang hanya dibuat untuk kalangan profesional, bukan dikonsumsi secara umum.

Dagingnya dari sapi betina

Hal lainnya yang istimewa dari daging ini adalah Omi Hime hanya berasal dari sapi betina. Sesuai dengan namanya, ‘hime’ yang dalam bahasa Jepang artinya puteri raja merujuk pada sapi betina berkualitas.

Tapi, tak semua sapi betina disebut Omi Hime, hanya sapi yang lolos kualifikasi serta masih perawan saja yang bisa masuk ke jenis Omi Hime.

“Dari sapi-sapi Omi, yang kita sebut Hime hanya sapi betina. Dari keseluruhan sapi, princess-nya hanya yang memenuhi kualifikasi, jadi tidak semua sapi betina Jepang disebut Omi Hime,” tutur Chef Umemoto lagi.

Bisa dimakan mentah

Seperti sashimi, daging Omi pun bisa disantap langsung tanpa melewati proses pemasakan. Sekalipun tidak dimasak, rasa daging tetap manis dan lembut tanpa beraroma amis sedikit pun.

Itu disebabkan oleh daging Omi Hime yang berserat lemak cukup banyak pada seluruh lapisan daging. Sebaliknya, jika dimasak terlalu matang, daging Omi malah jadi kehilangan rasa manis serta lembut yang memang jadi daya tarik.

Bersertifikat halal

Uniknya, jika biasanya ketika proses pemeliharaan, sapi Jepang diberi suplemen berupa sake atau bir agar cita rasa daging lebih lezat.

Lain halnya dengan daging Omi yang sapinya hanya diberi makan, minum dan suplemen dari bahan-bahan alami tanpa alkohol.

Bukan itu saja, yang membuat daging ini semakin istimewa, karena proses pemotongannya yang juga mengikuti aturan serta kualifikasi lembaga makanan halal di Jepang.  Jadi bagi penikmat daging berkualitas yang beragama Muslim terutama, daging ini dijamin sangat aman.

Chef Umemoto pun mengiyakan jika Omi Hime dibesarkan dengan cara tertentu yang membuatnya mendapat sertifikat halal. Cara pemotongannya pun sesuai dengan requirement untuk memenuhi kualifikasi halal.

Setelah tahu fakta daging termahal dari Jepang di atas, berniat untuk mencobanya langsung?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait