Durian Tidak Tingkatkan Kolesterol, ini Hal yang Sebenarnya!

Tandaseru – Sering dihindari, durian selalu dianggap sebagai salah satu penyebab kolesterol. Padahal ada fakta durian tentang kolesterol yang perlu Anda ketahui!

Mungkin hampir tidak ada yang tidak mengenal buah satu ini. Durian adalah salah satu buah asli Indonesia dengan banyak penggemar sekaligus pembencinya.

Hal itu akibat aroma yang menyengat dari durian yang bisa membuat penggemarnya ketagihan dan pembencinya lari karena tidak suka.

Buah yang juga dikenal sebagai king of fruit ini diyakini berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya jadi penyebab meningkatnya kadar kolesterol. Tapi benarkah itu?

Bagaimanan sebenarnya fakta durian tentang kolesterol?

Pakar gizi klinis, dr. Marya Haryono, SpGK mengatakan hal bahwa durian bisa jadi faktor meningkatnya kolesterol hanyalah mitos. Marya bahkan menyebut kadar kolesterol buah tersebut mencapai nol persen.

“Mitos, dalam durian tidak ada kandungan kolesterol, kandungan kolesterolnya nol,” katanya pada program Ayo Hidup Sehat di tvOne.

Hal yang perlu dikhawatirkan saat mengonsumsi durian bukanlah kolesterol, melainkan kandungan karbohidrat yang perlu dihindari pada setiap potong durian.

Marya mengungkapkan, kandungan karbohidrat durian cukup tinggi. Sebagai contoh, seseorang yang telah mengonsumsi tiga potong durian itu mendapatkan 160 kkal, jumlahnya sama seperti mengonsumsi semangkuk nasi.

durianBuah yang bisa cukupi kebutuhan energi harian!

Akibat tingginya kalori pada durian, maka penderita diabetes disarankan agar menghindari mengonsumsi durian.

Pasalnya, dalam durian kaya sekali akan kandungan gula atau karbohidrat atau gula buah. Maka, penderita diabetes perlu mempertimbangkan untuk mengonsumsinya sehari-hari.

Tapi, hal positif dari durian juga cukup banyak. Durian adalah buah yang kaya nutrisi dan mampu mencukupi kebutuhan energi harian Anda, sekaligus mengandung protein yang baik.

Marya menambahkan, durian juga punya kandungan lemak baik (mufa).  Mufa termasuk salah satu komponen lemak yang wajib dikonsumsi dengan cukup, agar mampu menekan jumlah kolesterol dalam tubuh.

Bonus lainnya dari fakta durian tentang kolesterol adalah durian punya kadar serat yang cukup tinggi. Hal itu yang buat durian pun mampu mencukupi jumlah serat harian dalam tubuh.

Nah, jadi jangan langsung menjauhi durian akibat kolesterol, cek dulu fakta durian tentang kolesterol di atas agar lebih paham dan tidak khawatir lagi!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait