Kado 73 Tahun RI, Begini Fakta Menarik Patung GWK Tertinggi di Dunia!

Tandaseru – Patung Garuda Wisnu Kencana disingkat GWK rampung setelah 28 tahun pembuatan. Mau tahu fakta menarik patung GWK yang didaulat sebagai tertinggi ketiga di dunia?

Ada banyak hal menarik yang bisa dibahas dari pembuatan salah satu patung kebanggaan Indonesia yang baru saja rampung setelah 28 tahun penantian.

Patung GWK tersebut pun dipercaya bisa jadi ikon terbaru di pulau Bali yang akan jadi magnet wisata pemikat para turis di dalam maupun luar negeri. Mau tahu fakta menariknya dari patung megah buatan anak bangsa itu?

Sudah direncanakan sejak era 80-an jadi salah satu fakta menarik patung GWK

Patung gagasan I Nyoman Nuarta beserta Joop Ave ini memang sudah direncanakan sejak akhir tahun 80-an. Namun sayang, proyek baru mendapat persetujuan Presiden Soeharto pada 1993.

Ketika itu, Presiden Soeharto berjanji, negara akan ikut membantu pengerjaannya. Peletakan batu pertama pun baru dilakukan empat tahun setelah persetujuan di Bukit Ungasan, Jimbaran pada 9 Juni 1997.

Hambatan pembangunan pun semakin terasa ketika proyek harus terhenti akibat krisis moneter pada 1998 dan GWK pun terpaksa terbengkalai. Tapi pada 4 Agustus 2018, GWK pun selesai setelah penantian 28 tahun.

Punya berat mencapai 2000 ton lebih!

Fakta ini nggak kalah bikin melongo! I Nyoman Nuarta memakai struktur dengan bahan tembaga dan kuningan. Itu yang membuat totalnya berat patung tersebut bisa mencapai 2000 ton lebih!

Bahkan agar kualitasnya terjaga, I Nyoman Nuarta mengimpor material tersebut dari Eropa, Jepang bahkan Amerika Latin.

Tak bisa dipungkiri, proses pembangunan patung satu ini sangat rumit serta terpisah dari lokasi patung GWK saat ini membuat karya seni tersebut sangat kompleks.

Pasalnya, patung GWK dirancang bukan di Desa Ungasan, tetapi I Nyoman Nuarta menyusun modul di studio seninya di Bandung. Barulah dari Bandung, modul itu diantar ke Bali.

Maka satu patung GWK punya total modul sebanyak 754 modul, dan mencapai 300 truk dikerahkan untuk mengangkutnya!

Didaulat jadi patung tertinggi ke-3 di dunia kalahkan Liberty!

Bukan hanya beratnya yang fantastis, patung GWK ini pun ternyata jadi patung tertinggi di Indonesia bahkan terhitung jadi tertinggi ke-3 dunia.

Pasalnya, tinggi GWK mencapai 121 meter, mengalahkan tingginya patung Liberty yang ada di Amerika Serikat yang hanya setinggi 93 meter saja. Itu yang membuat patung GWK jadi patung tertinggi ke-3 di dunia!

GWK tahan bencana loh!

Sekalipun memiliki tinggi 121 meter, patung GWK ternyata mampu menahan angin kencang, bahkan disebut-sebut patung tersebut hanya bisa hancur jika diterjang angin berkecepatan 250 knot.

Padahal realitanya, rata-rata angin di kawasan tersebut hanya sekitar 10 sampai 13 knot saja. Luar biasanya lagi, GWK aman terhadap gempa, bahkan pasca gempa Lombok berkekuatan 7 Skala Ricther (SR) yang berimbas ke Bali pada 5 Agustus lalu.

Menurut I Nyoman Nuarta, GWK dirancang aman tahan gempa sampai 8 SR dan telah memperhitungkan risiko gempa pada area patung tersebut berdiri.

28 tahun tanpa ada kecelakaan kerja!

Bukan itu saja, ada 120 orang seniman yang terlibat dalam pembangunan patung GWK dan selama 28 tahun itu nyaris tidak ada kecelakaan terjadi selama prosesnya.

GWK jadi kado ulang tahun bagi Hari Kemerdekaan Indonesia ke-73

Membanggakannya, selain kemenangan Timnas U-16 di laga AFF kemarin sebagai hadiah 73 tahun RI, ternyata rampungnya patung GWK juga jadi kado termanis untuk Indonesia.

I Nyoman Nuarta saat dikebut pengerjaannya memang berharap GWK selesai pada Agustus 2018 dan harapan itu terkabul.

Bagaimana nih menurut Anda fakta menarik patung GWK setelah selesai dengan sempurna? Ada niat untuk berlibur ke Bali?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id