Fakta Bom Mother of Satan Buatan Pelaku Bom Surabaya ini Bikin Merinding!

Tandaseru – Ada yang sudah tahu soal bom jenis apa yang digunakan teroris pengebom di Surabaya? Buat yang kepo, begini nih fakta mengerikan bom Mother of Satan buatan pelaku bom Surabaya yang gemparkan Indonesia!

Kapolri Tito Karnavian sendiri pun mengungkapkan para teroris Surabaya menggunakan bom yang disinyalir menyerupai bom-bom yang digunakan para pendukung ISIS di dunia. Bom itu disebut sebagai Mother of Satan mau tahu seperti apa bom tersebut?

Fakta mengerikan bom Mother of Satan yang mengandung triaseton triperoxide (TATP)

Ternyata bom satu ini paling sering digunakan para teroris di dunia seperti yang telah dijelaskan oleh sejumlah ahli kimia serta pihak kepolisian.

Bom tersebut memang sangat mudah dibuat, tapi sangat sensitif, tak stabil, serta memiliki daya ledak yang cukup besar, bahkan membuatnya masuk dalam kategori bom berbahaya.

Triaseton triperoxide atau TATP yang jadi kandungan di bom tersebut adalah salah satu bahan kimia yang kerap dipakai para teroris tersebut.

Senyawa TATP berbentuk serbuk mirip gula pasir dan sangat sensitif terutama dalam suhu di atas 86 derajat celsius, adanya arus listrik serta terkena benturan atau gesekan keras. Senyawa tersebut juga tak larut dalam air dan punya aroma yang menyerupai aseton.

Bom Mother of Satan pernah digunakan teroris di Jakarta pada 2015 lalu

Jenis bom yang sama ternyata pernah menyerang Jakarta tepatnya di Mal Alam Sutera pada 9 Juli 2015 dan 28 Oktober 2015 yang dilakukan oleh Leopard Wisnu Kumala.

Kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa, tetapi cukup membuat geger dan ada sejumlah orang yang terluka akibat daya ledaknya.

Bom tersebut pertama kali digunakan pada serangan di Inggris pada 2001 dan 2005

Jenis bom TATP pertama kali digunakan teroris di Inggris pada 2001. Pemgeboman yang dilakukan oleh pria bernama Richard Reid itu dilakukan saat dirinya dalam perjalanan menggunakan pesawat rute Paris-Miami.

Tapi beruntung, aksi Richard Reid dapat digagal oleh pihak keamanan setempat. Tapi pada 2005 terjadi serangan bom kembali yang menewaskan 56 orang di London dengan bom yang sama.

Serangan teroris di tiga tempat dengan bom Mother of Satan

Hal paling mengerikan yang pernah dilakukan bom tersebut terjadi pada 2016 dalam serangan ISIS yang berhasil meluluhlantakan 3 titik dekat bandara Brussel.

Menurut keterangan yang ada, kejadian itu menewaskan 13 orang serta puluhan orang luka-luka. Bukan itu saja, Paris juga pernah jadi sasaran bom itu bahkan disertai serangan penembakan dengan senjata api, akibatnya ratusan orang jadi korban.

Mengerikan sekali bukan dampak bom dari serangan teroris tersebut? Fakta mengerikan bom Mother of Satan membuat kita tersadar bahwa paham yang merenggut nyawa orang lain dan menganggap hal itu benar adalah tindakan terkutuk!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -