Lima Fakta Tulang Manusia ini Pasti Bikin Kaget Deh!

JAKARTA (!) – Tulang manusia ternyata menyimpan beragam rahasia, bahkan jika anda mengetahuinya mungkin akan berdecak kagum. Berikut inilah kelima fakta tulang manusia yang bikin terkejut!

Mulai dari fakta tulang leher manusia yang sama dengan jerapah, sampai fakta bahwa tulang manusia dapat hilang dengan sendirinya, akan ditemukan di bawah ini!

Fakta tulang manusia bagian paha yang sekuat beton!

Banyak penelitian membuktikan tulang paha atau juga kerap disebut tulang femur merupakan salah satu tulang manusia yang memiliki kekuatan setara dengan sebatang beton utuh!

Pasti terkejut bukan? Tulang paha manusia pun merupakan satu-satunya bagian dari kerangka manusia yang berukuran terpanjang di antara tulang lainnya.

Bukan itu saja, tulang paha merupakan tulang yang memiliki bobot terberat di antara tulang lainnya dalam tubuh manusia itu sendiri.

Ada tulang yang hilang sendiri?

Ternyata saat manusia masih bayi, maka dia akan dilahirkan dengan jumlah tulang mencapai 270 tulang secara keseluruhan.

Tetapi anehnya, saat manusia dewasa, jumlah tulang tersebut pun akan berkurang sampai hanya tersisa 206 ruas tulang saja. Bagaiamana hal itu bisa terjadi?

Menurut penelitian hal tersebut dapat terjadi karena semakin manusia beranjak dewasa maka dia pun semakin banyak membutuhkan ruang dalam rongga di tubuhnya.

Selain itu, agar tulang berbagi tempat dengan organ penting lainnya. Dengan tulang yang berkurang secara alami, maka sistem pergerakan tubuh bisa semakin luas.

Setiap 7 tahun, tulang manusia akan diganti baru?

Fakta yang satu ini seperti bagian kulit yang selalu beregenerasi setiap harinya, yaitu bagian tulang manusia dapat memperbaiki diri, bahkan bertumbuh ulang dengan alami.

Tulang pada manusia dapat mengalami penipisan lapisan secara bertahap, tetapi hal itu akan diperbaiki secara alami agar kembali kuat seperti semula.

Hal tersebut bisa terjadi setiap tujuh tahun sekali, dibarengi dengan selalu mengonsumsi makanan bergizi untuk mendukung proses regenerasi tersebut.

Tulang manusia itu bekerja lembur!

Memang terdapat bagian tulang manusia yang terus bekerja tanpa henti. Salah satunya tulang rusuk, yang dapat bergerak terus menerus bahkan lebih dari 5 juta kali setahunnya.

Gerakan tersebut memang difungsikan sebagai pendukung sistem pernapasan manusia yang memang tidak pernah berhenti seumur hidup.

Tetapi, sekalipun tulang rusuk tersbeut kokoh melindungi organ jantung serta paru-paru, tapi nyatanya bisa patah berkeping-kepng saat anda bersin terlalu kuat dan keras!

Tulang leher manusia itu sama seperti tulang leher Jerapah!

Yang dimaksud sama memang bukanlah soal ukurannya, tetapi soal jumlah dari ruasnya. Dalam sebuah penelitian membuktikan tulang leher manusia dewasa memang mempunyai jumlah ruas yang benar-benar serupa dengan tulang leher jerapah jantan dewasa!

Bagaimana, jadi semakin banyak tahu kan, tentang kelima fakta tulang manusia tersebut?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -