Fasih Bahasa Asing dan Ingin Jadi Mata-mata, CIA Buka Lowongan Kerja

VIRGINIA (!) – Badan Intelijen Amerika Serikat, CIA, sedang membuka lowongan pekerjaan untuk lulusan perguruan tinggi dan fasih berbahasa Korea.

Namun, tentunya, rekrutan CIA adalah warga negara AS. Mengutip situs Sputniknews, Minggu (25/12), di dalam akun Twitter resminya, @CIA, tidak disebutkan rincian lowongan kerja itu dibuka.

Akan tetapi, dari situs resmi, www.cia,gov, disebutkan bahwa mereka membutuhkan sosok untuk mengisi jabatan ‘Directorate of Operations Language’ atau seorang instruktur bahasa.

Dinas mata-mata pesaing KGB di era Perang Dingin itu mengumumkan lowongan kerja tersebut pada akhir November 2017 lalu di akun Twitter.

Juru Bicara CIA, Fritz Horniak mengatakan, instruktur bahasa itu harus memenuhi syarat ‘mampu menerjemahkan dengan akurat, tepat dan berkualitas tinggi, serta mengintepretasikan bahasa terkait untuk mendukung operasi senyap atau klandestin.’

Selain itu, lowongan kerja ini menyebut ‘LO (Language Officer)’ adalah kunci sukses operasi di luar negeri, kontra-intelijen, siber dan operasi rahasia’.

“Kami mensyaratkan calon pejabat adalah seorang native atau setidaknya sangat fasih berbahasa Korea. Jika terpilih, mereka langsung ditempatkan di (ibu kota) Washington DC atau luar negeri,” kata Horniak.

Tak hanya bahasa Korea, CIA juga mencari mereka yang fasih berbahasa Arab, Mandarin, Pashto/Pashtun, Persian/Farsi, serta
Rusia.

Hingga saat ini, CIA memiliki 10 mission center yang terbagi dalam sejumlah kapasitas geografis. Wilayah Semenanjung Korea di bawah wewenang Mission Center for East Asia and Pacific.

Korean Mission Center juga akan bekerja sama dengan badan intelijen negara lain yang masuk dalam daftar sekutu AS. Adapun, sekutu dekat AS dengan kawasan Korea Utara adalah Korea Selatan dan Jepang.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -