Festival Kopi Lampung 2019, Transaksi Penjualan Capai Rp10 Miliar

Tandaseru – Festival Kopi Lampung tahun 2019 berhasil menarik 30.000 pengunjung dengan 20.000 cup kopi robusta, serta berhasil transaksi penjualan sekitar Rp10 miliar.

Dalam festival tersebut juga berhasil memecahkan rekor Muri Minum Kopi Fine Robusta bersama 3.000 wanita. Sertifikat rekor MURI tersebut, diberikan Senior Manager MURI Awan Rahargo, kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Acara ini dihadiri juga oleh Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto, Forkopimda Provinsi Lampung, PJU Polda Lampung,dan masyarakat Provinsi Lampung.

“Saya berharap melalui Festival Kopi Lampung 2019 ini dapat meningkatkan nilai jual, daya saing, dan branding Kopi Lampung yang lebih mendunia, serta menumbuhkan inovasi baru dari pelaku usaha kopi,” ujar Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat menutup Festival Kopi Lampung 2019, di Elephant Park, Enggal, Bandarlampung, Sabtu (9/11).

Festival Kopi Robusta Lampung 2019, jelas Gubernur Arinal merupakan ajang untuk memperkenalkan Kopi Lampung, khususnya Kopi Fine Robusta.

“Berbagai kegiatan yang dilaksanakan di Festival Kopi Lampung 2019 bertujuan untuk menunjang produktivitas perkebunan kopi, peningkatan kemampuan pengolahan industri kecil menengah Kopi Bubuk Lampung, peningkatan wawasan, ajang kompetisi, dan promosi berbagai produk kopi,” jelas Arinal

Dia berharap adanya peningkatan kesejahteraan petani kopi Lampung melalui penguasaan teknologi budidaya kopi yang baru, sehingga para petani akan lebih diuntungkan selain mutu hasil produksinya meningkat, permintaan pasar lokal juga akan meningkat seiring dengan perkembangan kedai kopi di seluruh wilayah Provinsi Lampung, sehingga petani kopi Lampung berjaya.

“Meminum kopi, jika dilakukan dengan cara yang benar, maka akan memberikan manfaat yang menyehatkan bagi kesehatan,” ujar Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal

Ketua pelaksana Festival Kopi Lampung 2019, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Lampung, Taufik Hidayat menuturkan Festival Kopi Lampung yang berlangsung selama empat hari yaitu 6-9 November 2019 telah berjalan sukses.

“Selain dikunjungi 30.000 pengunjung dan terbagi 20.000 cup coffee, dalam festival kopi tersebut juga terjadi transaksi sekitar Rp10 miliar,” jelasnya.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id