Forum Mahasiswa Ekonomi Indonesia Sampaikan Lima Rekomendasi ke Ditjen Pajak

Tandaseru – Forum Mahasiswa Ekonomi Indonesia (FMEI) menyampaikan lima rekomendasi hasil kongres di Surabaya pada 7-9 November kepada Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan.

Kongres yang mengusung tema Restrukturisasi Pajak Indonesia untuk Meningkatkan Tax Ratio dalam Mewujudkan Akselerasi Ekonomi Indonesia itu diikuti perwakilan mahasiswa dari 16 perguruan tinggi terbaik di dalam negeri.

Presidium Nasional 1 FMEI M. Reza Munandar dari Universitas Mulawarman mengungkapkan, lima rekomendasi yang berhasil disepakati dalam forum internal FMEI itu disampaikan kepada Ditjen Pajak melalui Kantor Wilayah DJP Jawa Timur.

Kelima rekomendasi itu, Pertama, peningkatan literasi perpajakan di setiap kalangan masyarakat secara terintegrasi dan sistematis. Menurut FMEI, masyarakat banyak yang belum paham alur perpajakan. Secara konsep, peningkatan literasi pajak sudah luar biasa namun harus diperhatikan teknisnya.

Kedua, perlu penguatan sistem informasi perpajakan yang terintegrasi untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

Ketiga, pemerintah melalui Kemenkeu khususnya DJP harus mengoptimalkan pengenaan pajak bagi pelaku ekonomi digital.

Keempat, FMEI memandang perlu diadakan pemerataan infrastruktur fisik pajak di Indonesia.

Kelima, pemerintah harus mengoptimalkan intensifikasi dan ekstentifikasi pemungutan pajak untuk mendukung kebijakan fiskal ekspansif.

Kelima poin rekomendasi itu diterima oleh Dr. Hiqma Nur Agustiningsih, M.Si, Ak. sebagai perwakilan dari Kanwil DJP Jawa Timur.

Dia mengatakan akan meneruskan buah pikir dari mahasiswa yang tergabung dalam FMEI tersebut kepada Kementerian Keuangan khususnya DJP Pusat.

“Saya mengapresiasi teman-teman mahasiswa dari seluruh Indonesia yang sudah bekerja keras dalam merumuskan lima poin rekomendasi ini,” kata Hiqma.

Adapun 16 perguruan tinggi yang tergabung dalam FMEI, yakni Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Airlangga.

Selain itu, Universitas Sriwijaya, Universitas Mulawarman, Universitas Bengkulu, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Telkom, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Diponegoro.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id