Tanda Seru
Cek Fakta Berita di Indonesia

Fredrich Yunadi Pertimbangkan Lawan KPK di Praperadilan

JAKARTA (!) – Tim kuasa hukum pengacara Fredrich Yunadi tak memungkiri tengah mempertimbangkan upaya praperadilan kliennya yang ditetapkan tersangka oleh KPK. Pengacara Fredrich, Sapriyanto Erfa menyebut banyak kejanggalan atas penetapan tersangka kepada kliennya.

“Kita mempertimbangkan itu, baik dan buruknya,” kata Sapriyanto di Jakarta, Kamis (11/1).

Sapriyanto menilai, selain penetapan yang terburu-buru ungkapnya, pasal yang disangkakan pada kliennya itu juga dianggap janggal.

Menurutnya, Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, menurutnya itu pun pasal karet, pemaknaannya bisa multitafsir.

“Apa yang dapat kita tafsirkan menghalangi itu apa? Disebut mencegah yang bagaimana?,” jelasnya.

Sapriyanto menegaskan, apa yang telah dilakukan kliennya semata-mata menjadi pengacara Novanto telah memiliki legal standing yang jelas sebagai pembela seseorang yang terjerat kasus hukum.

“Dan posisi pengacara telah mengantongi hak imunitas dan memiliki ketetapan hukum,” tegasnya.

Yakni diatur dalam Pasal 16 Undang-Undang No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat dan Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan uji materiPasal 16 Undang-Undang (UU)Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat.

Anda mungkin juga berminat