Ganjil Genap Diberlakukan, Anies: Hampir Sejuta Orang Naik Angkutan Umum

Tandaseru – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menerima laporan mengenai migrasi pengendara dari kendaraan pribadi ke angkutan umum.

Di Transjakarta, Anies mengklaim pada hari pertama perluasan ganjil genap efektif, penumpanng naik menjadi 892 ribu orang, sementara pengguna Moda Raya Terpadu (MRT) di atas 80 ribu orang.

“Menunjukkan banyak masyarakat yang makin menggunakan kendaraan umum. Apalagi kalau ditambah dengan pengguna MRT dan angkutan lain. Berarti dalam satu hari sudah hampir 1 juta warga Jakarta yang menggunakan kendaraan umum,” ungkap Anies seusai menghadiri Perayaan HUT ke-74 TNI AL di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (10/9).

Satu juta penumpang transportasi pulbik, kata Anies, menjadi indikator yang paling riil untuk mengukur efektivitas sebuah kebijakan. Karena tujuan penerapan kebijakan perluasan ganjil genap adalah mendorong semakin banyak warga menggunakan transportasi publik.

Anies menambahkan, dengan warga menggunakan transportasi publik, maka semakin berkurangvolume kendaraan bermotor di Jakarta. Kondisi ini membawa dampak positif bagi penurunan polusi udara yang diakibatkan emisi kendaraan bermotor pribadi.

“Maka kualitas lingkungan hidup di Jakarta lebih baik dan kemacetan berkurang,” terang Anies.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait