Tanda Seru
Cek Fakta Berita di Indonesia

Gerindra Sempat Kecewa Hasil Putusan MK Soal Ambang Batas Presiden

JAKARTA (!) – Partai Gerindra menyayangkan putusan MK yang menolak uji materi tentang ambang batas presiden. Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon menilai putusan tersebut bernuansa tidak rasional.

Seperti diketahui, uji materi pasal 222 Undang-Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 tentang ambang batas pencalonan presiden atau Presidetial Threshold yang diajukan oleh Partai Idaman dengan nomor register 53/PUU-XV/2017.

“Putusan MK ini tidak rasional karena dengan keserentakan (Pileg-Pilpres). Seharusnya tidak ada lagi threshold, apa lagi threshold yang dipakai yang sudah pernah dipakai tahun 2014,” kata Fadli di DPR, Jakarta, Kamis (11/1).

Kendati demikian, Fadli menegaskan bahwa putusan MK tersebut meski tak rasional, harus tetap dihargai. “Karena merupakan putusan MK, ya kami hargailah,” ujar Fadli.

Gerindra siap dengan keputusan apa pun dan tidak merasa kaget dengan putusan MK tersebut. Dengan presidential treshold tetap 20 persen kursi DPR, Fadli prediksi hanya akan ada dua pasangan calon Presiden-Wakil Presiden. Meskipun dimungkinkan tiga sampai ampat pasang calon.

Anda mungkin juga berminat