Giliran Brasil Usir Kuasa Usaha Venezuela

RIO DE JANEIRO (!) –Setelah Kanada mengusir Diplomat Venezuela, kali ini giliran Brasil mengusir kuasa usaha Venezuela, sebagai balasan pengusiran diplomat Brasil dari Caracas.

Seperti dikutip kantor berita Jerman Deutsche Welle, Rabu (27/12), Kuasa Usaha Venezuela di Brasil, Gerardo Antonio Delgado Maldonado diperintahkan untuk meninggalkan negeri itu.

“Kami memutuskan mengusirnya (Kuasa Usaha Venezuela). Pada prakteknya, dia harus meninggalkan Brasil secepatnya,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Brasil.

Ya, pengusiran Kuasa Usaha Venezuela tersebut buntut dari pengusiran Duta Besar Brasil untuk Venezuela Ruy Pereira di Caracas.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro tidak mengakui pemerintahan Brasil di bawah Presiden Michel Temer, setelah mantan Presiden Dilma Rousseff yang berhaluan kiri dimakzulkan tahun lalu.

Bahkan Rezim Maduro menuding para diplomat Brasil malah ikut campur tangan dalam urusan dalam negeri Venezuela.

Oleh karenanya, keputusan Maduro mengusir diplomat Brasil itu didukung oleh Parlemen negeri yang terpuruk akibat krisis ekonomi dan politik tersebut.

Brasil merupakan negara tetangga Venezuela di Amerika Latin yang mengecam cengkeraman Maduro yang terus saja menginjak-injak demokrasi serta HAM.

Pasalnya, negeri kaya minyak itu menderita hiperinflasi dan kekurangan bahan pangan serta obat-obatan.

Di beberapa kota besar, rakyatnya menggelar aksi protes besar-besaran. Bahkan, diyakini lebih dari 160 orang tewas dalam aksi demonstrasi tersebut.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -