Giliran Charta Politika Unggulkan Gus Ipul-Puti di Surveinya

JAKARTA (!) – Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei elektabilitas Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur 2018.

Dalam paparannya, Charta menyebut pasangan calon (paslon) Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno mengungguli pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.

“Gus Ipul memiliki elektabilitas 44,8 persen, sedangkan Khofifah-Emil yang memiliki 38,1 persen,” kata Direktur Ekeskutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, Rabu (21/3).

Sementara itu, pemilih yang belum menentukan pilihan sebanyak 17,1 persen.

Yunarto mengatakan persentase elektabilitas itu masih terbagi dua, yakni pemilih yang sudah mantap menetapkan pilihannya, serta pemilih yang masih mengambang atau bisa mengalihkan dukungannya.

Kendati demikian, Yunarto mengatakan, Khofifah lebih unggul dari Gus Ipul pada sisi popularitas dan kesukaan responden.

“Responden yang mengenal Khofifah mencapai 92,9 persen, sedangkan Gus Ipul 91,7 persen. Dari tingkat kesukaan, Khofifah memiliki 87,8 persen sedangkan Gus Ipul 85,4 persen,” kata Yunarto.

Survei ini tentu berbalik dari yang dirilis Poltracking. Dalam rilisnya, pekan lalu, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak unggul dengan 42,4 persen kemudian disusul pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarnoputri dengan 35,8 persen.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -