‘Golkar yang Merugi Terlalu Lama Menentukan Pengganti Setnov’

JAKARTA (!) – Fraksi Partai Golkar hingga hari ini belum menentukan siapa pengganti Ketua DPR Setya Novanto. Hingga pembukaan masa sidang III, Selasa (9/1), ketua DPR saat ini diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR Fadli Zon.

Belumnya Fraksi Golkar mengirimkan nama sebagai pimpinan dinilai akan merugikan partai berlambang pohon beringin itu sendiri.

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengungkapkan, ini berkaitan dengan pembahasan revisi Undang-undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MD3 selesai yakni soal penambahan kursi pimpinan DPR dari PDIP.

“Kalau semakin lama ya tentu Fraksi Partai Golkar yang rugi sendiri,” ujar Taufik di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (9/1).

Kendati demikian, seperti disampaikannya kemarin, pimpinan DPR tetap berharap agar fraksi Golkar bisa menyerahkan pengganti Setya Novanto secepatnya. “Semakin cepat semakin bagus,” kata dia.

Taufik dalam kesempatan itu juga memastikan meskipun tanpa ketua definitif, hal itu tidak berpengaruh ke kinerja dewan lantaran sistem di DPR bahwa pimpinan bersifat kolektif kolegial.

“Serti halnya dengan pimpinan komisi, nggak ada pimpinan komisi ya wakil ketua komisi yang lain bisa,” kata Taufik.

Kumpulan Berita Terkait