Habib Rizieq Belum Bisa Kembali ke Indonesia karena Surat Pencekalan, Ini kata Menko Polhukam

Tandaseru – Menko Polhukam Mahfud Md menanggapi soal penunjukan surat pencekalan dari Pemerintah Indonesia oleh Iman Besar Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab ke Pemerintah Arab Saudi yang membuat dirinya belum bisa pulang ke Indonesia.

“Saya belum tahu surat pencekalannya kayak apa, kan pasti surat pencekalan itu ada masalah yang disebutkan kenapa harus dicekal. Tapi saya belum tahu,” ujar Mahfud di gedung Kementerian Hukum dan HAM, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Minggu (10/11).

Mahfud menyebut dirinya akan terlebih dulu mencari tahu benar-tidaknya ada surat tersebut. Dia juga mengatakan akan mengecek masalah yang terjadi dalam surat pencekalan.

“Kita pelajari dulu kasusnya ya, saya tidak tahu persis apa masalahnya kenapa dicekal dan sebagainya. Kan sudah lama isu itu ya, kok baru sekarang suratnya ada, saya tidak tahu juga,” kata Mahfud.

Mahfud mengatakan Habib Rizieq memiliki hak yang sama dalam perlindungan hukum sebagai warga negara Indonesia. Namun, dia juga menyebut negara memiliki hak untuk mempertahankan eksistensinya.

“Dia kan warga negara, harus mendapatkan perlindungan dan perlakuan hukum yang sama. Tapi juga negara punya hak-haknya untuk mempertahankan eksistensinya,” kata Mahfud.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait