Haid 1 Menit Sebelum Maghrib, Apa Puasanya Batal?

Tandaseru – Mungkin hampir setiap wanita pernah mengalami haid menjelang buka puasa, tapi haid jelang Maghrib itu membatalkan puasa tidak ya?

Seperti yang sudah diketahui bersama, bahwa salah satu hal yang bisa membatalkan puasa adalah haid. Wanita yang tengah haid, diharamkan untuk melakukan ibadah puasa Ramadan.

Kemudian, bagaimana jika haid tersebut datang jelang Maghrib bahkan hanya satu menit sebelum adzan berkumandang? Apa puasanya dapat diteruskan?

Haid jelang Maghrib itu membatalkan puasa!

Dalam kondisi apapun, jika seorang wanita mengalami haid, terutama sebelum terbenamnya matahari, puasanya akan batal sekalipun itu hanya terpaut satu menit sebelum adzan Maghrib.

Dengan begitu, wanita tersebut punya kewajiban untuk mengqadha puasanya atau mengganti hutang puasa tersebut di hari lain setelah Ramadan.

Sudah semestinya, wanita yang sedang dalam kondisi haid tidak diperbolehkan untuk berpuasa. Jika hal itu tetap dilakukan, maka puasa yang dijalankan jadi tidak sah dan wajib untuk diganti pada saat sudah suci kembali di hari lain.

bahaya minum kopi saat haidTetap melanjutkan puasa saat datang bulan itu dosa!

Ibnu Qudamah rahimahullah mengungkapkan dalam Al-Mughni, 4/397: “Jika wanita haid berniat puasa dan menahan (dari makan) padahal dia telah mengetahui keharaman akan hal itu, maka dia berdosa dan tidak diterima puasanya.”

Anda tidak ingin jadi wanita yang berdosa bukan? Jadi sebaiknya tidak perlu dilanjutkan puasanya sekalipun itu sudah beberapa menit lagi waktu berbuka puasa.

Memang hal yang menyebalkan jika mengalami haid saat beberapa menit sebelum berbuka. Tapi itu sudah jadi ketetapan dari Allah dan sebagai wanita Muslim wajib untuk menerimanya dan wajib mengganti puasanya di lain hari.

Waktu datang bulan setiap wanita itu memang berbeda-beda dan terkadang sulit untuk diprediksi, tapi ada aplikasi jadwal siklus haid.

Aplikasi itu, bisa Anda manfaatkan agar mudah memperkirakan kapan datangnya haid Anda, dan Anda jadi tidak kaget jika harus membatalkan puasa sebelum Maghrib tiba.

Sudah paham bukan haid jelang Maghrib saat berpuasa itu membatalkan puasa Anda? Jadi tak perlu dipaksakan untuk melanjutkan ya, karena sudah dihitung batal!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait