AWAS! 4 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Gendut di Bulan Puasa!

Bulan ini memang spesial. Di bulan Ramadhan ini kamu harus pintar mengatur pola makan, agar puasamu tetap berjalan lancar dan tidak mengganggu kesehatan. Tidak sedikit yang mengalami penurunan berat badan di bulan puasa, karena porsi makan yang jauh berkurang. Namun tak jarang pula yang jadi gendut walaupun di bulan puasa lho!

Hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal. Walaupun kuantitas makanmu berkurang, namun ternyata hal itu tak menghalangi naiknya berat badan secara drastis. Kok bisa ya? Makanya, langsung aja yuk simak 4 hal yang bisa bikin kamu jadi gendut di bulan puasa.

1. Terlalu Banyak Tidur

Woman Sleepy

Kalo kamu merasa tidak fit dan kurang bersemangat ketika menjalani puasa, sebaiknya hindari mengatasi dengan tidur. Apalagi setelah sahur, dimana kamu habis menyantap berbagai macam makanan. Banyak yang kemudian melanjutkan tidur. Padahal, tidur setelah makan justru akan membuat berat badanmu meningkat. Jadi, hindari banyak tidur selama bulan puasa ya!

2. Banyak Makan Takjil

Eating Snacks

Nah yang satu ini juga sulit dihindari. Mungkin kalian yang bekerja di kantor paling sering merasakannya. Takjil sering kali disediakan dan umumnya makanan manis atau snack-snack yang bisa langsung kamu santap begitu buka puasa. Namun sayangnya, setelah menyantap seluruh takjil, kamu tetap berbuka puasa dengan makanan berat dengan porsi seperti biasa. Wah jangan sampai deh ini terjadi! Sebisa mungkin konsumsi takjil secukupnya, dan kemudian menyantap menu utama juga secukupnya. Jangan karena sudah seharian tidak makan, lalu semuanya kamu lahap dalam satu waktu ya! Berat badanmu bisa sangat meningkat kalo setiap hari kamu melakukannya.

3. Malas Olahraga

Do Sports

Puasa seringkali membuat seseorang membatasi aktivitasnya. Tidak ingin haus dan lapar tentunya alasannya. Namun bukan berarti kamu jadi bermalas-malasan dan menghindari olahraga ya! Kamu tetap bisa melakukan gerakan-gerakan kecil agar badan tetap cukup bergerak dan tidak terlalu dimanjakan. Atau kamu bisa berolahraga sebentar setelah berbuka puasa.

4. Banyak Konsumsi Gorengan

Fried Food

Makanan yang satu ini memang paling sulit dihindari. Berbuka dengan gorengan memang bisa membuat kamu cepat kenyang. Tapi jangan terlalu banyak lho, karena ada banyak kandungan minyak dan juga kolesterol yang berbahaya buat tubuh kamu! Berat badan bisa meningkat pesat kalau kamu terlalu banyak makan gorengan.

Nah, hal-hal di atas itulah yang bisa bikin kamu jadi gendut di bulan puasa. Sebisa mungkin kamu hindari agar berat badan tetap stabil. Konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah, serta tetap berolahraga juga beristirahat yang cukup. Semoga dengan begini puasa kamu lancar dan berat badan tidak meningkat ya!

Kumpulan Berita Terkait