Gara-gara Ramalan Golongan Darah, Hal Konyol ini Pernah Terjadi di Jepang!

Tandaseru – Ayo Siapa yang mempercayai ramalan golongan darah? Memang tak dipungkiri ada beberapa prediksi kepribadian lewat golongan darah itu ada benarnya, tapi yang lucu jika sampai ada hal konyol akibat ramalan golongan darah yang dilakukan!

Perlu diketahui sistem ramalan golongan darah itu diciptakan sebagai pengelompokkan karakter manusia di Eropa pada periode 1880-1920an.

Ide itu kemudian merambah ke Jepang yang dibawa oleh akademisi bernama Takeji Furukawa pada 1927, namun penelitian itu bermasalah secara statistik akibat hanya melibatkan 10-20 orang sebagai objek penelitian.

Karena sudah terlanjur meluas, sampai masyarakat Jepang sangat serius mempercayai ramalan golongan darah (ketsueki-gata) yang mengakibatkan adanya hal-hal konyol yang terjadi di sana.

Ilustrasi Foto Konferensi Pers

Hal konyol akibat ramalan golongan darah ini terjadi pada karyawan Mitsubishi Electronics

Ketika itu, perusahaan produsen peralatan listrik itu mengumumkan seluruh tim pekerja di sana memiliki golongan darah AB.

Hal tersebut terjadi, akibat karakter orang golongan darah AB disebutkan “mampu merencanakan sesuatu dengan baik.”

Bahkan pengumuman itu tercantum di Harian Asahi, surat kabar nasional Jepang pada 1990. Dari sana, banyak perusahaan di Jepang yang bertanya tentang golongan darah ke calon karyawannya saat wawancara.

Sedihnya, calon karyawan tersebut bisa saja ditolak hanya karena golongan darahnya yang dianggap tak cocok dengan kebutuhan perusahaan.

Kelas di TK dan SD dibagi berdasarkan golongan darah

Keanehan lainnya, di Jepang sempat mengelompokkan para siswa TK dan SD menurut golongan darah mereka. Padahal, kepribadian itu dapat terbentuk dari beragam elemen seperti faktor genetik, hormon, serta pengaruh lingkungan.

Jika sudah dikelompokkan sejak anak bersekolah TK atau SD tentu akan konyol. Sebab, belum ada penelitian valid untuk bisa memastikan apakah golongan darah itu benar-benar berpengaruh pada kepribadian seseorang secara mutlak.

Perjodohan berdasarkan golongan darah

Seperti yang telah diketahui, masyarakat Jepang itu terkenal dengan gila kerja. Akibatnya, mereka tak sempat untuk mencari pasangan, sampai ada fenomena mati dalam kesendirian atau kodokushi.

Untuk itu, biro jodoh di sana punya peran penting bagi mereka yang tak punya waktu menjalin cinta. Nah, salah satu metode yang sering digunakan untuk menjodohkan kliennya, yaitu dengan perhitungan karakter berdasarkan golongan darah.

Bahkan, jika ada yang berkencan, mereka akan saling bertanya tentang golongan darah untuk menentukan apakah hubungan mereka dapat berlanjut atau tidak.

Mengundurkan diri karena golongan darah

Yang ini lebih konyol lagi, pada 2011, seorang Menteri, Ryu Matsumoto mengundurkan diri dari jabatannya usai pernyataan kerasnya pada pejabat lokal ditayangkan pada salah satu televisi nasional.

Saat itu pula, dalam pernyataan pengunduran dirinya, dia mengungkapkan dirinya yang bersalah, sebab menurutnya sifat emosional yang ditunjukkannya itu disebabkan oleh golongan darah B yang dimilikinya. Konyol kan?

Itulah beberapa hal konyol akibat ramalan golongan darah yang sempat terjadi di Jepang!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait