5 Hal Sepele yang Disukai Setan, Umat Muslim Wajib Tahu!

Tandaseru – Setan merupakan salah satu makhluk Allah SWT yang cukup dekat denagn kehidupan manusia. Dengan berbagai cara setan selalu berniat untuk menjerumuskan manusia. Ada beberapa hal sepele yang disukai setan dan perlu Anda tahu.

Sebagai umat muslim, kita diajarkan untuk menjauhi segala larangan-Nya agar tak terjerumus oleh rayuan setan dan terhindar dari dosa.

Kosongnya ilmu agama dalam diri menjadi penyebab banyak orang yang melakukan kesalahan kecil. Tanpa disadari justru hal itulah yang amat setan sukai. Apa sajakah hal-hal sepele itu?

Pertama, hal sepele yang disukai setan adalah makan dan minum tanpa membaca basmallah serta menggunakan tangan kiri

Membaca basmallah saat kita akan makan dan minum bertujuan untuk mendapat keberkahan dalam setiap santapan yang masuk ke dalam tubuh kita.

Jika kita tak membacanya, tentulah setan sangat senang karena setan akan ikut menikmati makanan kita.

Rasulullah SAW bersabda, “Wahai Ghulam, sebutlah nama Allah (bacalah Bismillah), Makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu.” Maka seperti itulah gaya makanku setelah itu. (H.R. Bukhari No.5376 dan Muslim No. 2022)

Menguap tanpa menutup mulut

Ada hadist mengatakan, “menguap adalah dari setan, maka jika salah seorang diantara kalian menguap, maka hendaklah menahannya sedapat mungkin” (H.R Muslim)

Bahkan bagi seorang muslim, jika sedang shalat sebaiknya harus menahan diri untuk menguap. Sebab dengan menguap, setan dapat masuk ke dalam diri kita.

Rasulullah SAW bersabda,”Apabila seseorang menguap dalam shalatnya, hendaknya ia berusaha menahan kuapannya sebisa mungkin karena setan bisa masuk.” (H.R Muslim)

Saat hendak tidur, tidak mengibaskan tempat tidur terlebih dulu

Seseorang yang hendak tidur, sebaiknya membersihkan dulu tempat tidurnya dengan cara mengibasnya sambil membaca Basmallah. Hal ini bertujuan agar saat kita tidur tidak diganggu oleh setan.

Dijelaskan dalam sebuah hadist,”Apabila salah seorang dari kalian hendak berbaring di tempat tidurnya, hendaklah ia kibas-kibas tempat tidurnya itu dengan kain. Sebab dia tidak tahu apa yang akan terjadi pada tempat tidurnya setelah ia tinggalkan sebelumnya.”(H.R Bukhari Muslim)”

Memakai sesuatu dari bagian tubuh sebelah kiri

Tips Berpakaian Untuk Orang Kurus

Aisyah Radhiyallahu”anhu berkata, “Rasulullah SAW sangat menyukai mendahulukan yang kanan ketika memakai sandal, ketika menyisir rambut dan ketika bersuci, juga dalam setiap perkara (yang baik-baik).”(H.R Bukhari no. 186 dan Muslim no. 268)

Nabi Muhammad SAW mengajarkan untuk memulai perkara yang baik hendaknya menggunakan segala sesuatu dari kanan. Seperti misalnya saat memakai baju, hendaklah memulai dari kanan.

Lain halnya ketika akan melepaskan sesuatu atau memulai hal yang jelek, maka hendaknya dimulai dari yang kiri.

Masuk kamar mandi tanpa berdoa

Kamar mandi merupakan salah satu tempat yang paling disukai oleh setan. Sebagai seorang muslim, kita dianjurkan membaca doa sebelum memasuki kamar mandi dan menggunakan kaki kiri sebagai langkah pertama.

Ini bertujuan supaya kita tidak mendapat gangguan dari setan saat berada di dalam kamar mandi, baik jin laki-laki maupun perempuan.

Demikian 5 hal sepele yang disukai oleh setan yang perlu umat muslim tahu. Sebagai umat Islam, kita diwajibkan mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW dan Hadist. Ini semua tentu untuk kebaikan diri kita sendiri.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait