4 Hal ini Membuat Manusia Berada di Derajat Tertinggi, Mau Tahu?

Tandaseru – Mendapatkan derajat tertinggi di hadapan Allah SWT jadi sebuah impian seluruh umat Muslim di dunia, sebenarnya apa sih hal yang membuat derajat lebih tinggi?

Tanpa disadari ternyata ada sejumlah hal yang mampu menaikan derajat seseorang sekalipun amal dan ilmunya sangat sedikit. Hal ini jadi sebuah kabar gembira bukan? Kenyataannya semua manusia di dunia punya kesempatan yang sama untuk jadi yang terbaik di hadapan Allah SWT.

Jadi sebenarnya, hal yang membuat derajat lebih tinggi itu apa?

Mengenai hal tersebut diriwiyatkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Tidak ada sesuatu yang diletakkan di timbangan amal yang lebih berat dari akhlak yang baik. Sesungguhnya orang yang berakhlak baik, akan mencapai derajat orang yang salat dan puasa.” (HR. Tirmidzi)

Dengan demikian sudah sangat jelas, derajat seseorang itu salah satunya diukur dari akhlak yang mereka miliki. Bagaimana pun amalannya, jika akhlaknya nol, maka tak bisa dikatakan derajatnya lebih tinggi.

Kemudian, saat Rasulullah ditanya mengenai sebab terbanyak manusia bisa masuk ke surga. Maka, Beliau bersabda, “Takwa kepada Allah dan akhlak yang baik.” (HR. Ahmad)

Bukan itu saja, Hasan al-Basri pun sempat berkata, “Barangsiapa yang diberi wajah tampan rupawan, akhlak yang baik, dan istri yang saleha, maka dia sudah diberi kebaikan dunia dan juga akhirat.”

Jadi jika akhlak yang pertama, tiga lagi apa?

Untuk persoalan itu, Al-Junaid pun mengatakan soal keutamaan akhlak baik, “Ada empat hal yang mengangkat seorang hamba menuju derajat yang paling tinggi, walaupun sedikit amal dan ilmunya, yaitu santun, rendah hati, dermawan, dan akhlak yang baik.”

Karena begitu istimewanya akhlak, sampai Al-Fudhail bin ‘Iyadh pun berkata, “Aku lebih menyukai ditemani seorang fasik yang berakhlak baik, dibandingkan seorang ahli ibadah yang berakhlak buruk.”

Maka dari itu, sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang memiliki akhlak baik. Seperti itulah sejumlah penuturan dari Rasulullah dan para alim ulama terdahulu tentang keuntungan serta keutamaan manusia berakhlak baik dalam setiap tingkah lakunya.

Selain akhlak, menjadi pribadi yang rendah hati, santun serta dermawan juga kombinasi yang baik agar mendapatkan derajat yang lebih tinggi di hadapan-Nya.

Semoga semakin memahami tentang hal yang membuat derajat lebih tinggi dan memicu Anda menumbuh suburkan kebaikan akhlak dalam jiwa sampai ajal menjelang. Aamiin.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -