Harga Bahan Pokok Naik, Satgas Pangan Belum Temukan Ulah Kartel

JAKARTA (!) – Sejumlah harga kebutuhan bahan pokok mulai mengalami kenaikan di pasar tradisional maupun pasar modern di sejumlah daerah. Namun dugaan adanya permainan para tengkulak dan kartel belum dirasakan.

Kepala Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri, Irjen Polisi Setyo Wasisto mengatakan Satgas Pangan belum menemukan adanya ulah kartel pangan yang mempengaruhi distribusi bahan pokok.

“Saat ini untuk sementara kenaikan harga bawang putih karena sebagian besar kebutuhan dalam negeri masih tergantung pasokan bawang putih impor,” ungkap Setyo Wasisto menanggapi kenaikan harga sejumlah bahan pokok yang terjadi di sejumlah daerah.

Menurut Jenderal Bintang Dua tersebut Satgas Pangan Polri juga menggelar rapat bersama Kementerian Perdagangan membahas ketersediaan dan distribusi telur ayam, daging sapi dan bawang putih.

Dari hasil rapat bersama Kemendag RI, kenaikan harga cabai disebabkan karena cuaca buruk di sejumlah daerah produksi cabai yakni, Magelang, Wonosobo, Temanggung dan Blitar yang menyebabkan gagal panen. Begitu juga dengan bawang merah karena di Brebes mengalami banjir