Hari Anak Nasional, Begini Trik Kenali 4 Kecerdasan Anak di Dunia Digital

Tandaseru – Setiap tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Nah, bagi para orang tua pasti tahu bahwa anak zaman sekarang bisa mempelajari banyak hal dari berbagai media, salah satunya internet. Namun, tak semua anak akan terjerumus hal-hal negatif loh.

Ternyata ada beberapa hal yang bisa dipelajari anak dari dunia digital seperti internet. Hal tersebut bisa berpengaruh dengan kecerdasan mereka.

Simak empat trik sederhana untuk para orang tua agar cerdas dalam mendidik anak di era digital.

Pada momen hari anak nasional cobalah lihat kreativitas anak

Dari dunia digital terutama internet perhatikan bahwa sang anak bisa belajar tentang kreativitas. Seperti menghadirkan sebuah karya, karya apa saja yang sudah diciptakan selama ini, apakah bisa diberikan atau dibagikan pada orang lain.

Bisa jadi anak melihat internet bukan hanya sekedar nonton youtube atau bermain game, tetapi justru melihat hal yang bisa dikembangkan oleh kecerdasan otaknya.

Jika ia mulai berkreasi, sebaiknya jangan menghambat kreativitas anak. Berikan kesempatan pada mereka untuk belajar dari kesalahan dan mengambil risiko.

Kritis dalam menanyakan suatu informasi

Anak bisa belajar kritis dalam dunia digital, loh. Maka ajarkan mereka sedini mungkin agar tidak mudah percaya pada berita hoax yang kini berkeliaran dan susah dibedakan dengan fakta.

Dibutuhkan peranan orang tua yang tak hanya sekadar melarang dan berkata tidak. Namun juga menjelaskan alasannya, hal ini untuk membantu meluruskan tindakan yang tidak tepat.

Jadi, mulai saat ini anak memang perlu dilatih kritis dalam bertanya. Tentunya orang tua juga diharapkan lebih sabar dalam menanggapi pertanyaan-pertanyaan mereka.

Kolaborasi

Dunia digital memungkinkan siapapun untuk berkolaborasi. Dari sini, anak bisa berpikir, apakah yang dikerjakannya berhubungan dengan orang lain.

Nah, para orang tua bisa mendukung dengan membantu anak mengenali minat dan menemukan aktivitas. Bantu ia menemukan teman-teman offline yang beragam dan menyenangkan.

Orang tua juga bisa menghambat apa yang dikerjakan sang anak jika ia melanggar kesepakatan tentang batasan jadwal dan konten yang boleh dimainkan hingga ditonton.

Keamanan tentang dunia digital

Demi keamanan sang anak, ada baiknya para orang tua menyampaikan ke anak bahwa pentingnya tidak berbagi sandai atau kata kunci untuk membuka handphone kepada orang lain, kecuali dengan orang tua.

Ajarkan pula sang anak untuk hati-hati dalam memposting foto, sebab ada beberpa hal yang  sudah di-publish dan dihapus tidak semuanya benar-benar hilang.

Demikian, trik sederhana di Hari Anak Nasional dalam mengenalkan kecerdasan anak di era digital. Semoga cara sederhana diatas dapat menginspirasi Anda.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait