Hari ini, Imunisasi Difteri di Tiga Provinsi

JAKARTA (!) – Untuk mencegah meluasnya wabah difteri, Kementerian Kesehatan melakukan imunisasi ulang serentak di 3 wilayah provinsi yang memiliki kasus difteri paling banyak, yaitu DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Senin (11/12).

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, dr. H. Mohamad Subuh, M.PPM, menegaskan pelaksanaan imunisasi terbagi menjadi tiga tahap. Setelah penyuntikan pertama, imunisasi akan diulangi pada bulan berikutnya dan enam bulan setelahnya. Diperlukan waktu delapan bulan untuk mengevaluasi kasus merebaknya difteri.

difteri

Imunisasi ulang serentak akan dimulai pada tanggal 11 Desember 2017. Tahap kedua tanggal 11 Januari 2018 dan tahap ketiga pada 11 Juli 2018. Imunisasi dilakukan pada anak-anak usia 1 tahun sampai 19 tahun.

Untuk DKI Jakarta, imunisasi dilakukan di Kotamadya Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Sedangkan, di Provinsi Jawa Barat, imunisiasi dilaksanakan di Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi.

Di Provinsi Banten, imunisasi dilakukan pada Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan. (mac)

Kumpulan Berita Terkait