Harus Tahu, Ini Ritual Bayi Teraneh dan Mengerikan!

JAKARTA (!) – Beberapa ritual bayi di Indonesia salah satunya seperti tedak sinten mungkin biasa dilakukan. Tapi ternyata ada ritual bayi yang paling aneh dilakukan di dunia. Apa saja ritual tersebut?

Ritual injak bayi

Mungkin terdengar sangat aneh bahkan mengerikan. Tapi hal tersebut nyatanya dilakukan oleh pria India bernama Jamun Yadav.

Rupanya hal itu merupakan ritual pengobatan tradisional aneh yang ia lakukan. Akibatnya, Jamun dihukum penjara karena cara pengobatannya yang cenderung sebagai bentuk penganiayaan.

Jamun mengobati bayi yang jadi pasiennya dengan cara menginjak tubuhnya. Jika penyakit bayi tersebut berupa radang tenggorokan maka dalam ritual tersebut Jamun menginjak di bagian lehernya.

Alasan Jamun melakukan itu karena dirinya mengklaim sebagai orang suci, yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dengan mengalirkan energi magis lewat kakinya. Aneh!

Mengubur anak hingga leher

Di wilayah Gulbarga, Utara Karnatka, ada sebuah ritual yang dilakukan untuk anak yang terlahir cacat, yaitu dikubur hidup-hidup hingga leher.

Ritual tersebut dilakukan pada saat gerhana matahari selama kurang lebih 6 jam.

Ritual tersebut dilakukan sebab warga percaya, saat anak terlahir cacat itu disebabkan oleh gerhana matahari.

Walaupun para ahli dari Institut Nasional Ilmu Kesehatan Mental serta Neuro Bangalore menyatakan tak ada kaitannya antara kondisi cacat anak dengan gerhana matahari, tetap saja masih banyak masyarakat di sana yang melakukan ritual itu.

Ritual Sifudu dengan mengasapi bayi

Masyarakat yang berasal dari Umtata di Eastern Cape pada bagian selatan Afrika, ternyata memiliki upacara kelahiran bayi yang disebut dengan ritual Sifudu.

Upacara ini bertujuan untuk membersihkan bayi setelah dilahirkan ke dunia. Saat hari ketiga usai kelahiran bayi, para saudara akan berkumpul di tempat ritual, kemudian mereka akan memetik daun Sifudu.

Di tengah rumah ritual akan dibuat sebuah api unggun dan daun Sifudu akan dibakar untuk menghasilkan asap yang tebal.

Yang menyebalkan, daun tersebut ternyata memiliki aroma sangat pedas dan sangat mengganggu mulut, hidung serta mata.

Walaupun sangat mengganggu, bayi yang baru lahir tersebut akan dibawa dengan kepala menghadap ke bawah dalam kepulan asap.

Hal tersebut dilakukan beberapa kali, kemudian diserahkan kembali kepada sang ibu. Mereka percaya anak-anak yang telah melewati ritual sifudu ini maka mereka tidak akan pernah mengalami rasa takut ataupun merasa malu. Bagaimana bisa dipercaya?

Kumpulan Berita Terkait