Harus Tahu Nih, Lima Penyebab Ketombe yang Tak Terduga!

JAKARTA (!) – Siapa sih yang nggak kesal dengan ketombe di rambut? Bukan hanya mengganggu karena rasa gatalnya tapi merusak penampilan! Untuk mengatasinya, harus tahu dulu nih penyebab ketombe yang tak terduga ini!

Munculnya ketombe di kepala, dilansir dari Healthtoad.com terdapat beberapa penyebabnya yang ternyata tidak disadari ataupun terduga sebelumnya, penasaran apa saja penyebabnya itu?

Penyebab ketombe yang tak terduga yaitu tak teratur membersihkan rambut!

Saat seseorang tak menjaga kebersihan rambut, maka bukan hanya jadi penyebab munculnya ketombe tapi juga memperparahnya.

Jika tak teratur saat membersihkan rambut, yaitu mencuci ataupun menyikatnya, maka risiko ketombe juga akan semakin meningkat.

Apapalgi jika cuaca panas atau dingin yang ekstrim juga bisa jadi penyebab munculnya ketombe. Maka, gunakanlah produk rambut yang dapat mencegah tumbuhnya jamur.

Bukan itu saja, menyikat rambut pun harus teratur agar penumpukan sel kulit mati serta minyak di kulit kepala tak terjadi.

Kondisi mental seseorang

Ternyata, saat seseorang terlalu stress, maka dapat juga menyebabkan ketombe di kepala. Mengalami stress dapat menyebabkan perubahan hormon seseorang.

Hal tersebut yang membuat kulit kepala menghasilkan minyak berlebih. Dengan selalu berusaha untuk menjaga kondisi mental untuk tidak terlalu stress, dapat jadi cara mencegah ketombe.

Menjalani Diet

Bagi seseorang yang tengah menjalani program diet, berhati-hatilah. Sebab, pola diet yang dilakukan bisa saja jadi penyebab ketombe muncul.

Dengan menjalani diet maka seseorang bisa kehilangan nutrisi ataupu mengalami alergi pada makanan jenis tertentu.

Oleh sebab itu, para ahli pun menyarankan untuk mengonsumsi vitamin B, zat besi serta beberapa jenis lemak sebagai pencegah ketombe tumbuh saat diet.

Dalam kondisi sakit

Mereka dengan kondisi cidera kepala parah atau mempunyai riwayat penyakit neurologis serta parkinson ternyata punya risiko untuk menderita dematitis seboroik dan juga ketombe.

Hal tersbeut terjadi karena sistem kekebalan tubuh melemah. Bukan itu saja, mereka yang baru saja pulih dari stroke ataupun serangan jantung bisa berisiko mengalami ketombe daripada orang lain.

Atau memiliki kondisi kulit khusus seperti eksim, punya kutu kepala, dermatitis seboroik serta psoriasis pun cenderung bisa jadi penyebab ketombe.

Pakai produk rambut tak cocok!

Kulit kepala memang lebih peka daripada lainnya. Maka dari itu, ada sejumlah produk rambut yang bisa menimbulkan efek buruk bagi orang tersebut, terutama ketombe.

Produk rambut seperti Gel, foam serta hairspray yang biasa dipakai menata rambut memang mengandung banyak kimia serta membuat kepala jadi gatal dan juga merah akibat iritasi.

Bukan itu saja, jika rutin menggunakan produk penata rambut, bisa jadi penyebab ketombe yang tak terduga karena adanya reaksi alergi yang kuat.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait