Hati-Hati, Gara-Gara Chatting Kesehatan Bisa Terganggu

Tandaseru – Era modern ini membuat banyak pengguna gawai tipe smartphone untuk daring setiap hari. Bukan menjadi keharusan namun secara tidak sadar kamu lakukan untuk membalas pesan singkat atau chatting terutama kalau terkait pekerjaan.

Aplikasi chatting atau obrolan daring yang tersedia di perangkat smartphone kamu selain untuk berkirim pesan atau teks, juga memungkinkan untuk mengirimkan gambar, video, hingga file pekerjaan. Hal tersebut kalau tidak terkontrol dapat mempengaruhi kesehatan kamu loh!

Hah, pasti pada bertanya-tanya koq bisa chatting mempengaruhi kesehatan? Coba cek apakah kamu merasa seperti hal-hal berikut. Jika iya bisa jadi kesehatanmu juga terganggu.

Tak Sadar Online Setiap Saat

 

kencan online berujung kematian

Karena lebih mudah dan murah dibandingkan dengan berkirim pesan konvensional seperti sms secara tidak sadar kamu selalu siaga memegang gawai karena bakal ada serangkaian pesan yang harus kamu balas. Tak cuma pesan teks saja, telpon pun bisa dilakukan melalui aplikasi obrolan daring.

Terkadang meskipun itu hari libur yang seharusnya untuk waktu istirahat tapi tetap meluangkan waktu untuk membalas pesan instan terutama dari atasan terkait pekerjaan. Dilansir dari World of Buzz, di mana ada kejadian seorang karyawan dipecat karena terlambat membalas pesan bosnya.

Waktu Berkualitas Kamu yang Berharga Terampas Begitu Saja

Berbahaya! Banyak Teman di Media Sosial Bikin Penyakit Stres
Teman Media Sosial

Pernah nggak sih kamu saat berkumpul malah sibuk dengan gawaimu masing-masing? Bukannya saling ngobrol langsung malah fokus ngobrol melalui aplikasi daring atau memperbaharui status di media sosial masing-masing.

Jika sudah begitu ada baiknya kamu coba terapkan peraturan baru dengan menumpuk gawai di tengah agar quality time saat berkumpul tetap terjaga.

Isi Pesan Kadang Terabaikan Asalkan Bisa Membalas Tepat Waktu

chattingTerkadang karena ingin cepat-cepat membalas pesan sehingga isinya kurang diperhatikan karena tidak ingin merasa bersalah apabila lama membalas pesan.

Padahal kalau pesan disampaikan tidak terburu-buru tentu jawabannya jauh lebih pribadi dan bijaksana. Lantas apakah aplikasi pesan instan mengubah persepsi kita dalam membalas pesan?

Jawabannya relatif, tapi sebagian besar orang mengiyakan bung. Karena konten pesan terabaikan asalkan waktu untuk membalas tidak terlalu lama.

Kesehatan dan Kesejahteraan Terganggu Karena Menunggu Balasan

Namanya menunggu itu biasanya menjengkelkan, sama halnya menunggu balasan pesan yang kita kirim bisa mengganggu pikiran dan berdampak terhadap kesehatan. Karena harapan untuk mendapat balasan merupakan sebuah efek samping yang membuat kamu untuk siaga, sehingga chatting benar-benar melelahkan dalam jangka panjang.

Luangkan Waktu dari Gawai Agar Kualitas Hidup Membaik

Terlalu terfokus dengan gawai dapat mengganggu kamu dari hal yang lebih penting untuk kamu lakukan. Seperti tidur atau mendekatkan diri dengan orang lain, seperti keluarga atau teman bahkan kekasih penting untuk dilakukan dan baik untuk kesehatan pikiran. Belum lagi terlalu terkoneksi dengan gawai dapat membuat waktu tidur menjadi berantakan.

Coba cek dalam diri kamu, apakah secara tidak sadar kamu merasa lebih banyak waktu terbuang gara-gara pesan instan? chatting kalau tidak terkontrol dapat mempengaruhi kesehatan kamu loh!

Jika iya, sekarang saatnya kamu pasang status untuk menginfokan bahwa kamu sekarang sedang istirahat atau sibuk sehingga tak dapat diharapkan untuk membalas secara cepat. Dan juga luangkan waktu lebih untuk bertemu dan ngobrol dengan orang terkasih ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait