Hati-hati, Salah Merias Bisa Sebabkan Jerawat Loh!

JAKARTA (!) – Berias dengan cara yang salah bisa menyebabkan datangnya jerawat. Terkadang tanpa disadari ada beberapa kesalahan cara merias yang sering dilakukan.

Untuk menghindari jerawat muncul, ada baiknya kamu memperhatikan kembali cara merias diri, apakah ada kesalahan atau tidak. Berikut ini beberapa kesalahan merias yang bisa timbulkan jerawat.

Penggunaan Alas Bedak

Jika dilihat secara teknis, berias tidak menyebakan kulit berjerawat. Tetapi ada beberapa bahan dasar alas bedak yang dapat menyebabkan pori-pori kulit membesar. Hal tersebutlah yang jadi penyebab bakteri mudah tumbuh pada kulit wajah.

Maka, gunakanlah alas bedak berlabel non-comedogenic, hypoallergenic atau yang punya bahan dasar mineral, supaya mengurangi risiko iritasi kulit atau tidak dapat menyebabkan pori-pori wajah membesar.

Berias Menggunakan Jari

Tanpa disadari jari manusia mempunyai banyak kuman yang dapat menyebabkan iritasi kulit ketika tengah mengaplikasikan riasan.

Sebaiknya saat merias wajah, gunakanlah sikat atau sponge serta pastikan alat rias tersebut bersih dengan membersihkannya secara teratur.

Menutup Jerawat dengan Alas Bedak

Dengan menutupi jerawat menggunakan alas bedak, justru membuat proses penyembuhan melambat, bahkan berpotensi mengakibatkan iritasi.

Pasalnya, kulit yang tertutup alas bedak tidak dapat bernafas dan membuat jerawat semakin meradang. Oleh sebab itu, hindari menggunakan riasan pada area berjerawat.

Alat Rias Kotor

Saat tidak membersihkan alat rias secara teratur, maka bakteri pada alat tersebut akan semakin berkembang biak.

Jika merias diri dengan alat rias kotor, secara otomatis akan mentransfer bakteri pada benda tersebut ke wajah. Sebaiknya, cuci semua peralatan rias sekali dalam seminggu, khusus untuk sponge cucilah menggunakan sabun serta air hangat, lalu peras sampai tak menyisakan air.

Tidak Teratur Membersihkan wajah

Jika sering menggunakan riasan tebal, menghapus riasan dengan cairan penghapus makeup saat malam hari saja belum cukup.

Untuk benar-benar menghilangkan semua debu serta minyak yang menyatu pada riasan, gunakanlah cairan penghapus makeup kemudian cucilah muka sebelum beranjak tidur dengan sabun yang cocok dengan kulit wajah.

Jangan sampai penampilan rusak karena jerawat akibat kesalahan cara merias ya.

Kumpulan Berita Terkait