Bentuk Aneh, Hewan Purba yang Punah di Indonesia ini Menakjubkan!

JAKARTA (!) – Ternyata ada banyak hewan purba yang punah di Indonesia. Kebanyakan punya bentuk yang aneh dan berukuran besar. Seperti apa ya?

Ada banyak jenis hewan purba yang ternyata sempat berada di Indonesia bahkan mengalami kepunahan di Tanah Air bahkan hewan-hewan tersebutlah yang jadi nenek moyang dari hewan-hewan yang ada saat ini!

Foto Ilustrasi

Gajah Purba Tertua, Stegodon trigonocephalus merupakan hewan purba yang punah di Indonesia!

Hewan purba satu ini merupakan gajah tertua dan ditemukan di Indonesia. Gajah tersebut diperkirakan menyebar pada wilayah Indonesia sampai dataran Timur Tengah seperti Suriah.

Gajah tersebut satu zaman dengan Bos palaesondaicus yaitu pada Pleistocene Jawa. Di Indonesia, fosil gajah tersebut ditemukan pada tiga tempat berbeda yaitu di Sangiran, Trinil, dan Gunung Patiayam.

Foto Ilustrasi

Badak Purba, Rhinoceros sondaicus

Badak purba satu ini ternyata sempat tinggal di Indonesia dan berevolusi jadi badak yang ada di Ujung Kulon. Fosil badak tersebut pun ditemukan di Sangiran dan diperkirakan tinggal pada 700.000 tahun lalu.

Badak ini mempunyai nama yang sama dengan badak bercula satu yang saat ini nyaris punah di Indonesia.

Foto Fosil Bos palaesondaicus

Nenek Moyang Banteng, Bos palaesondaicus

Kerbau purba yang termasuk subfamili Bovinae tersebut diperkirakan hidup pada masa Pleistocene Jawa. Zaman yang berlangsung sekitar 2,6 juta sampai 12.000 tahun lalu.

Fosil Bos palaesondaicus ditemukan pertama kali oleh Eugene Dubois pada 1908. Namun, fosil yang ada di Trinil tersebut hanya berupa tengkorak. Diperkirakan Bos palaesondaicus merupakan sesepuh dari Banteng di Jawa.

 

Foto Fosil Buaya Moncong

Buaya Purba Moncong Panjang, Gavialis bengawanensis

Buaya purba yang memiliki moncong tak biasa ini nyatanya sempat ada di Indonesia, tepatnya terletak di Pulau Jawa.

Memang buaya unik tersebut telah punah sejak jutaan tahun lalu. Fosil dari buaya tersebut pun ditemukan di wilayah situs arkeologi Sangiran, itu pun yang berhasil ditemukan hanya potongan bagiannya saja karena memang sulit untuk mendapatkan fosil utuhnya.

Jika hewan purba yang punah di Indonesia tersebut masih ada sampai saat ini, seperti apa ya kira-kira bentuk aslinya?

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -