HUT Bhayangkara, Polda Jatim Tampilkan Drama Kolosal Perjuangan Polisi

Tandaseru – Peringatan HUT Bhayangkara ke-72 di Polda Jatim sedikit berbeda. Dalam acara tersebut dilakukan pertunjukkan drama kolosal perjuangan polisi melawan Jepang dan figur M Yasin yang andil dalam menjaga NKRI.

“Teatrikal ini supaya orang tahu bahwa M Yasin adalah pejuang Polri yang ikut menjaga NKRI,” ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin usai Upacara Peringatan HUT Bhayangkara di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Rabu (11/7/2018).

Dalam aksi teatrikal ini Kapolda juga ingin menyampaikan kisah Polri yang diabadikan dalam Monumen Perjuangan Polri. Kisah tersebut bercerita tentang Polri yang menyatakan bergabung menjadi Polisi Indonesia setelah sebelumnya di bawah komando Jepang menjadi Polisi Istimewa.

Dalam sambutannya, Kapolda menyampaikan jika pihaknya akan berupaya menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat. “Sebagaimana tema yang diangkat dari HUT Bhayangkara ke-72 ini, dengan semangat promoter polisi akan mengawal agenda Kamtibmas,” tambah Machfud.

Menurut Machfud Polri  tak pernah gentar dengan ancaman terorisme yang terus bermunculan. Untuk itu, dia meminta agar semua pihak, termasuk tiga pilar dalam pemerintahan, turut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Yang penting adalah di 2018 ini sampai 2019, Pileg dan Pilpres, kemudian agenda 2018 ada agenda penting internasional seperti Asian Games, kemudian juga kegiatan IMF yang ada di Bali itu juga agenda Polri,” lanjut Machfud.