Mitos atau Fakta ya, Ibu Hamil itu Dilarang Mewarnai Rambut?

Tandaseru – Bagi wanita menjadi hal yang biasa untuk mengganti warna rambut, alasannya agar nampak berbeda. Tapi apakah ibu hamil dilarang mewarnai rambut?

Menjadi ibu hamil tentu sangat menyenangkan sekaligus menegangkan. Karena mulai saat itu, Anda bukan hanya memikirkan kondisi tubuh diri sendiri tapi juga sang buah hati dalam perut Anda.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan, mulai dari mempersiapkan kondisi fisik hingga mental sang ibu agar tidak mudah stress.

Tapi apa benar ibu hamil dilarang mewarnai rambut?

Jadi sebenarnya, seorang ibu hamil itu tidak hanya menjaga asupan makanan yang sehat dan bergizi, untuk dirinya dan nutrisi cukup untuk janin.

Tapi juga perhatikan hal-hal yang kadang dianggap sepele, padahal menyimpan sebuah bahaya yang cukup besar untuk perkembangan sang bayi dalam kandungan, seperti mewarnai rambut saat masa kehamilan.

Terkadang para ibu hamil lupa dan lebih mementingkan penampilannya ketimbang keselamatan tumbuh kembang bayi.

Jadi alangkah baiknya jika ibu hamil tidak melakukan styling rambut dengan memberi cat atau mewarnai rambut.

Dilansir dari New Parent, penelitian pada International Journal of Pharmacology mengungkapkan dengan mewarnai rambut ketika hamil dapat meningkatkan risiko insiden kelahiran yang berbahaya akibat keracunan bahan kimia pada cat rambut.

Apa hubungannya rambut dengan kandungan?

Memang aneh, tapi produk pewarna rambut yang ada semuanya mengandung bahan kimia mineral misalnya merkuri serta oksida yang berbahaya saat masuk tubuh.

Penelitian yang dilakukan 2010 lalu, menjelaskan bahan kimia dapat menyerap dalam tubuh dengan melalui kulit kepala serta baunya masuk melewati hidung.

Jadi sangat pasti, zat kimia pada cat rambut bisa menembus ke dalam tubuh para ibu hamil. Jadi sebaiknya, ibu jauhi terlebih dahulu styling rambut dan tak mewarnai rambut selama masa kehamilan berlangsung.

Memang bukan lagi jadi mitos ibu hamil dilarang mewarnai rambut, karena memang ada fakta ilmiahnya yang mendukung untuk para ibu tak melakukannya selama hamil.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait