Ilham Habibie: Bapak Hidup dan Meninggal Dipenuhi dengan Cinta

Tandaseru – Putra Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie menutup rangkaian upacara pemakaman sang ayah dengan sejumlah kisah hidup, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Dalam pidatonya, Ilham mengatakan BJ Habibie dipenuhi cinta dari keluarga, maupun sahabat dan rekan-rekan Habibie.

“Satu demi satu keluarga, sahabat, mencium pada waktu beliau mulai wafat. dengan rasa cinta itu lah bapak meninggalkan dunia ini,” ujar Ilham, Kamis (12/9).

Ilham menceritakan mengenai semangat perjuangan Habibie untuk teknologi demi kebaikan bagi bangsa dan negara.

“Hidup bapak dapat digambarkan seperti ini. Perjuangan untuk kebaikan. Ada beberapa contoh, perjuangan untuk mengadakan teknologi dan industri di indonesia demi kemajuan bangsa dan negara,” ujar dia.

Ilham pun kemudian menyebutkan bahwa kehidupan ayahnya juga telah mengajarkan tentang cinta. Hal tersebut dapat dilihat dari betapa besarnya cinta ayahnya untuk keluarga, masyarakat, terutama ibundanya semasa hidupnya.

Menurut Ilham, semasa hidupnya, Habibie selalu tidak absen dalam mengunjungi makam istri tiap Jumat, sejak Ainun wafat sembilan tahun lalu. Tak hanya itu, Ilham juga menyebutkan bahwa Habibie selalu melakukan tahlilan.

“Begitu setia Bapak dengan Ibu sampai dikubur pun di sebelah, mudah-mudahan, mereka bersama berdua selamanya di sisi Allah, di surga di akhirat,” ucap Ilham.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait